Komisi A DPRD Kota Magelang Kunja ke Purbalingga

Asisten Pemerintahan Sekda Purbalingga Kodadiyanto (kiri) menerima plakat dari Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang Singgih Pambudi.
Asisten Pemerintahan Sekda Purbalingga Kodadiyanto (kiri) menerima plakat dari Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang Singgih Pambudi.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Komisi A DPRD Kota Magelang, Kamis (12/6) mengadakan kunjungan ke Kabupaten Purbalingga. Rombongan Komisi A didampingi sejumlah SKPD terkait, mempelajari tentang berbagai urusan yang menjadi bidang tugas komisi A yakni hukum, pemerintahan, pertanahan dan perencanaan. Rombongan diterima oleh Asisten Pemerintahan, Kodadiyanto.
Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang Singgih Pambudi mengatakan, Kota Magelang dikenal sebagai Kota ABRI, Kota Transit, Kota Jasa dan Kota Pendidikan. Kota Magelang lanjut Singgih, terbagi atas 3 (tiga) Kecamatan dan 17 (tujuhbelas) Kelurahan, dengan jumlah penduduk mencapai 130.995 jiwa. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, jumlah anggota DPRD saat ini hanya 25 orang.

“Kami ingin menimba ilmu atas keberhasilan Purbalingga dalam melaksanakan pemerintahan,” ungkap Singgih Pambudi di Operation Room Graha Adiguna Setda Purbalingga, Kamis (12/6).
Ilmu yang didapat dari kunjungan kerja ini, menurut Singgih, akan diaplikasikan dalam pelaksanaan kerja di Kota Magelang.

Asisten Pemerintahan, Kodadiyanto yang mewakili Bupati menuturkan, dibanding dengan luas wilayah dan jumlah penduduk, PAD dan APBD kabupaten Purbalingga lebih kecil dari Kota Magelang. Kabupaten Purbalingga, ujar Kodadiyanto, memiliki 18 Kecamatan, 224 Desa dan 25 Kelurahan, dengan jumlah penduduk mencapai 947.465 jiwa.
“APBD Purbalingga 2014 sebesar Rp 1,3 triliun. Sedangkan PADnya ditarget Rp 111 miliar. Dari sisi jumlah penduduk yang diurus, tentu APBD dan PADnya masih lebih bagus Kota Magelang,” katanya.

Meski demikian, Purbalingga sangat terbuka untuk tujuan kunjungan kerja. Banyak kabupaten/kota lain yang sudah melakukan kunjungan ke Purbalingga. “Prinsipnya, kita bias saling mengisi. Apa yang baik di Purbalingga mungkin bisa diterapkan di Magelang. Begitu sebaliknya kita juga bisa menyerap hal-hal baik dari Magelang,” katanya.

Usai diterima di Operation Room, rombongan kunja beserta mitra kerja Komisi A Kota Magelang melakukan wawancara tatap muka dengan sejumlah SKPD di Purbalingga.
Selain Kunja DPRD Kota Magelang, pada Jumat besok (13/6) Purbalingga juga akan mendapat kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Batang. (BNC)

1 Comment

  1. Kok bnyumasnes.com beritanya basi terus pak. Ketingalan dg lainnya. Tapi terimakasih ada berita banyumas, jadi kami yng diluar jawa bisa memantau di banyumas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.