Uji Coba Piala Dunia 2014: Spanyol Kalahkan El Salvador dengan Susah Payah

David Villa

MARYLAND (BanyumasNews.com) – Juara Piala Dunia 2010 Spanyol dibuat kesulitan oleh tim peringkat 68 yang tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil, El Salvador. Setelah sempat ditahan imbang selama satu jam, David Villa menjadi penyelamat muka Spanyol dengan dua golnya yang jadi penentu kemenangan.

Bermain di lapangan FedEx Field di Landover, negara bagian Maryland, Amerika Serikat pada Ahad (8/6) dini hari WIB, Spanyol menurunkan tim terbaiknya. Separuh anggota tim adalah pemain yang memenangkan gelar juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Euro 2012 di Ukraina-Polandia.

Toh, dengan skuat terkuat sekalipun Spanyol kesulitan menaklukkan El Salvador. Striker naturalisasi asal Brasil, Diego Costa, yang diplot sebagai target man gagal mengemban tugasnya dengan baik. Praktis selama 60 menit pertandingan berjalan tak ada ancaman berarti ke gawang El Salvador.

Ini tentu sebuah ironi bagi Spanyol. El Salvador bukanlah lawan sepadan Tim Matador. Tim asal zona Concacaf ini hanya memenangkan satu dari delapan pertandingan terakhir mereka. Kemenangan satu-satunya tersebut adalah saat mengalahkan Haiti di ajang Piala Emas Concacaf.

Meski demikian, El Salvador sudah menunjukkan diri sebagai tim tangguh saat dikalahkan Pantai Gading pada Rabu (4/6) lalu. Saat itu Pantai Gading sempat unggul lebih dulu di menit ke-8, namun El Salvador menyamakan kedudukan melalui gol Arturo Alvarez, sampai akhirnya kemenangan Pantai Gading ditentukan oleh gol Didier Drogba di menit-menit akhir.

Keuletan serupa ditunjukkan El Salvador di pertandingan kontra Spanyol. Setidaknya sampai pelatih Tim Matador Vicente del Bosque berkeputusan untuk memasang dua striker saat menarik keluar Pedro dan menggantinya dengan David Villa. Orang inilah yang kemudian menentukan kemenangan Spanyol.

Villa, yang baru saja pindah klub dengan meneken kontrak untuk tim Major League Soccer (MLS) New York City–tapi lantas dipinjamkan ke klub Australia Melbourne City, memecah kebuntuan Spanyol di menit ke-60, alias 15 menit setelah masuk lapangan.

Setelahnya El Salvador kembali membuat Spanyol kesulitan, sampai akhirnya Villa mencetak gol kedua di menit ke-88 dan membuat skor akhir berubah menjadi 2-0.

Meski menang, Del Bosque harus mewaspadai hasil ini. Sebab Spanyol bakal memulai perjuangan di Brasil melawan finalis Piala Dunia 2010 yang tak lain lawan yang mereka kalahkan, yakni Belanda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.