Uji Coba Piala Dunia 2014: Argentina Kalahkan Slovenia 2-0

Lionel Messi Argentina
Lionel Messi, sebiji golnya mempertegas keunggulan Argentina atas Slovenia di La Plata.

LA PLATA (BanyumasNews.com) – Argentina mendapatkan hasil baik di pertandingan uji coba terakhirnya jelang putaran final Piala Dunia 2014. Menghadapi Slovenia di Estadio Ciudad de La Plata, Ahad (8/6) dini hari WIB, La Albiceleste menang dua gol tanpa balas.

Keunggulan 2-0 Argentina disumbangkan oleh gol debut Ricardo Alvarez di menit ke-12 dan sebuah gol lagi dari Lionel Messi di menit ke-76. Kemenangan ini menjadi rentetan hasil positif bagi tim asuhan Alejandro Sabella yang pada Rabu (4/6) lalu menang telak 3-0 atas Trinidad and Tobago.

Menghadapi Slovenia yang gagal lolos ke Brasil, Argentina menurunkan banyak pemain baru dalam starting eleven. Praktis hanya Ezequiel Lavezzi, Maxi Rodriguez dan Javier Mascherano yang terhitung sebagai pemain senior. Sabella menyimpan Messi, Sergio Aguero, Fernando Gago dan Angel di Maria di bangku cadangan.

Kesempatan ini tak disia-siakan oleh Alvarez. Pertandingan baru berjalan 12 menit, pemain Internazionale Milano ini menempatkan bola dengan sangat baik untuk mengecoh kiper Vid Belec dan membawa Argentina unggul 1-0.

Sebelumnya, Argentina seharusnya berhak mendapatkan hadiah penalti saat Lavezzi dilanggar oleh Dalibor Stevanovic di dalam kotak penalti. Namun wasit Martin Vazquez tak melihat hal itu sebagai sebuah pelanggaran karena dalam perebutan bola tersebut Lavezzi lebih unggul dan memenangkan si kulit bundar.

Argentina nyaris menggandakan keunggulan saat Rodriguez mendapatkan kesempatan bagus di menit ke-35. Bermain satu-dua dengan eks rekan setimnya di Liverpool, Mascherano, Rodriguez melepas tendangan terarah. Sayang, usaha pemain klub Argentina Newell’s Old Boys ini masih bisa diselamatkan dengan sangat luar biasa oleh Belec.

Hanya beberapa saat sebelum babak pertama berakhir, giliran Lavezzi yang mendapatkan peluang. Tapi lagi-lagi Belec tampil luar biasa dan menggagalkan usaha rekan setimnya di Inter Milan tersebut. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, barulah Sabella memasukkan rombongan pemain Eropa-nya ke dalam lapangan. Messi, Aguero dan Di Maria berturut-turut dimainkan. Namun justru Slovenia yang kemudian berpeluang mencetak gol balasan. Milivoje Movakovic berhasil menembus masuk ke jantung pertahanan Argentina, namun tendangannya tepat mengarah ke kiper Sergio Romero.

Upaya Movakovic itu menjadi satu-satunya peluang terbaik tuan rumah. Argentina memberi respon dengan sebuah serangan terencana yang dimotori oleh barisan pemain Eropa. Kerja sama apik Di Maria dengan Aguero diselesaikan dengan baik oleh Lionel Messi pada menit ke-76.

Hasil ini menjadi bekal bagus bagi Argentina. Di Brasil, Messi cs. bakal mengawali perjuangan dengan melawan debutan Piala Dunia Bosnia-Herzegovina pada 15 Juni mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.