Piala Thomas 2014: Taklukkan Thailand 4-1, Indonesia Juara Grup A

Simon Santoso
Simon Santoso (ilustrasi)

NEW DELHI (BanyumasNews.com) – Indonesia memastikan diri sebagai juara Grup A Piala Thomas 2014 yang digelar di New Delhi, India. Berhadapan dengan Thailand di pertandingan terakhir, Rabu (21/5), Simon Santoso dkk. menang 4-1.

Pertandingan diawali dengan tidak baik oleh Indonesia. Tunggal pertama Tommy Sugiarto yang bermain di partai pertama dikalahkan oleh pebulutangkis nomor satu Thailand Boonsak Ponsana. Tommy sempat memenangkan game pertama dengan skor 21-14, namun kalah di dua game berikutnya dengan skor 13-21, 17-21.

Tertinggal 0-1, Indonesia menyamakan skor di pertandingan kedua. Ganda nomor satu dunia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tanpa kesulitan meggulung ganda Thailand Wannawat Ampunsuwan/Nipitphon Puangpuapech dua game langsung, 21-15, 21-14. Angka dari kapten tim Hendra ini diikuti pemain lain di pertandingan berikutnya.

Dionysius Hayom Rumbaka yang turun di tunggal kedua membuat Indonesia balik memimpin 2-1 setelah mengandaskan perlawanan Suppanyu Avihingsanon dalam dua game, 21-17, 21-19. Lalu kemenangan Indonesia ditentukan oleh ganda kedua Ryan Agung Saputro/Angga Pratama yang menghabisi Maneepong Jongjit/Patiphat Challadchaleam di partai keempat.

Pasangan Ryan-Angga sempat menang mudah 21-17 di game pertama, namun mendapat perlawanan ketat pada game kedua yang berakhir dengan skor ketat 22-20. Kemenangan Indonesia ditutup oleh Simon Santoso yang menyumbangkan satu poin usai mengalahkan Thammasin Sitthikom dengan skor identik, 21-13, 21-13.

Dengan status juara grup, Indonesia akan mendapatkan lawan runner-up grup lain di babak perempatfinal. Siapa lawan Indonesia masih belum ketahuan karena masih akan diundi oleh panitia.

Sementara itu untuk lawan Indonesia di perempat final Piala Thomas, masih menunggu seluruh pertandingan selesai sehingga terlihat tim-tim yang menjadi runner-up grup.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.