Resmi! Jokowi Gandeng Jusuf Kalla dalam Pemilihan Presiden 2014

Jokowi-JK
Jokowi saat menyambangi Jusuf Kalla guna bersilaturahmi jelang mengikuti Pilkada DKI Jakarta tahun lalu.

JAKARTA (BanyumasNews.com) – Siapa pendamping Joko Widodo dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014-2019 mendatang terjawab sudah. Dalam acara deklarasi yang dilaksanakan di Gedung Djoang 45, Jakarta, Senin (19/5) pagi tadi, Jokowi memperkenalkan H. Jusuf Kalla sebagai calon wakilnya.

Kasak-kusuk pemilihan Jusuf Kalla sebenarnya sudah berhembus sejak lama. Terlebih kemudian Jokowi sempat menyebutkan inisial “J” dan “A” saat ditanya siapa calon pendampingnya di Pilpres mendatang. Awalnya nama Abraham Samad sempat disebut-sebut sebagai salah satu kandidat, selain JK, namun perhitungan di atas kertas nampaknya membuat PDI Perjuangan memantapkan pilihannya pada eks wakil presiden tersebut.

Usai pecah kongsi dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009 lalu, JK maju sendiri sebagai calon presiden dengan Wiranto sebagai wakilnya. Pasangan JK-Win mendapat dukungan luas dari kalangan pemilih muda terpelajar, terutama di wilayah perkotaan. Sayang, dukungan dari Partai Golkar sendiri justru terpecah karena Aburizal Bakrie terlihat setengah hati mendukung JK.

Kini, setelah lima tahun absen dari dunia politik dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk kegiatan sosial bersama Palang Merah Indonesia dan Dewan Masjid Indonesia, pamor JK rupanya masih dianggap bersinar oleh PDIP. JK yang notabene tanpa sokongan partai apa pun mengalahkan kandidat lain yang sebelumnya diprediksi bakal mendampingi Jokowi, seperti Surya Paloh yang bersama Partai Nasional Demokrat merupakan pendukung pertama Jokowi.

Usai deklarasi di Gedung Djoang 45 menjelang tengah hari tadi, Jokowi-JK beristirahat di kediaman Megawati Soekarnoputri di Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Tepat pukul 13.30, rombongan pasangan capres-cawapres yang diusung PDIP, Nasdem, PKB dan Hanura ini bergerak menuju kantor Komisi Pemilihan Umum guna mendaftarkan diri.

Selamat berjuang, Jokowi-JK!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.