Ganjar Siap Kawal Realisasi Bandara Wirasaba

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Gubernur Jawa Tewngah Ganjar Pranowo kembali menegaskan komitmennya untuk membantu mewujudkan wacana pengembangan lapangan udara Wirasaba menjadi bandara komersial. Ganjar bahkan kembali meminta Bupati Sukento untuk segera melengkapi, menganalisis dan membuat rencana aksi percepatan Bandara Wirasaba, agar cepat terealisasi.

“Saya butuh kajian yang mutahir. Yakni feasibily study yang terkini. Kalau hari ini bisa, saya sudah siapkan lobi dengan Kementerian Perhubungan. Bahkan kalau perlu hingga sampai Presiden,” kata Ganjar usai melantik dan mengambil sumpah Tasdi SH MM menjadi Wakil Bupati Purbalingga periode 2010 – 2015, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD, di Pendapa Dipokusumo, Jumat (16/5).

Dari lobi itu, menurut Ganjar, sebenarnya sangat memungkinkan Lanud Wirasaba dikembangkan menjadi bandara komersial karena Bandara Tunggul Wulung Cilacap tidak terlalu bisa tumbuh. Selain itu,dari sisi geografi, Bandara Tunggul Wulung agak terlalu jauh ke ujung barat sehingga lebih memfasilitasi Jawa Barat.

“Daerah Kedu Selatan sampai Banyumas tidak ada sama sekali. Jadi sepertinya, dari sisi penerbangan, daerah Jateng wilayah Barat – Selatan ini sangat terisolasi,” katanya.

Dia mengaku telah menyampaikan masalah tersebut kepada Kemenhub dan tampaknya telah mendapat lampu hijau. Oleh karena itu, dia meminta dokumen pembangunan bandara tersebut harus segera ada, sehingga bisa dibarengkan dengan pengembangan Bandara Ahmad Yani.

“Bandara Ahmad Yani bisa jalan, buktinya PP-nya (Peraturan Pemerintah, red.) bisa berubah. Saya targetkan tahun ini sudah ada dokumen itu. Makanya saya kejar ini. Kalau bisa sekarang, barangkali bisa menjadi prestasi pemerintahan yang sekarang,” katanya.

Dia mengaku tidak akan tanggung-tanggung dalam mengawal pengembangan bandara Wirasaba. “Harus ada yang mengurus. Saya akan membantu. Nanti kalau proses di Direktoratnya (Direktorat Perhubungan Udara, red.) lama, saya akan bicara dengan menteri, baru Presiden. Informalnya sudah saya sampaikan langsung ke Presiden,” katanya.

Ganjar mengaku optimistis perekonomian di wilayah Jateng bagian selatan akan maju dan berkembang jika Lanud Wirasaba dikembangkan menjadi bandara komersial. Dia juga akan mendorong pembangunan Jalur Lintas Selatan Selatan (JLSS) dilanjutkan kembali. “Bandara akan menjadi triger untuk berkunjung ke wilayah Jateng Barat – Selatan. Pertumbuhan ekonominya akan bagus banget,” katanya. (BNC)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.