Kapasitas Flashdisk Kurang Besar? Sandisk Siapkan Flashdisk Berkapasitas 1 Terrabyte

SanDisk
(ilustrasi)
TOKYO (BanyumasNews.com) – Perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba, mengikat kerja sama dengan produsen memori terbesar Amerika Serikat SanDisk. Kedua perusahaan akan membangun sebuah pabrik chip memori baru di Jepang dan memproduksi sebuah flashdisk berkapasitas 1 terrabyte (TB).

Satu terrabyte setara dengan 1000 gigabyte (GB). Kapasitas terbesar sebuah flashdisk saat ini adalah 64 GB. Dengan demikian, flasdisk super yang dirancang Toshiba dan SanDisk ini dapat menyimpan data sebanyak 16 kali lebih banyak dari flashdisk dengan kapasitas terbesar saat ini.

Flashdisk produksi dua perusahaan besar ini disebut-sebut sebagai memori “3D”. Dengan flashdisk ini pengguna dapat menyimpan file video definisi ultra-tinggi berdurasi 50 jam. Jangan bayangkan berapa banyak foto atau gambar yang dapat disimpan di sini.

Untuk mewujudkan flasdisk dengan kapasitas super besar ini Toshiba akan merobohkan pabriknya di Yokkaichi, Jepang, lalu sebuah pabrik baru dibangun di lokasi yang sama. Di pabrik baru inilah flashdisk “3D” ini nantinya diproduksi. Kedua perusahaan berharap pabrik baru dapat mulai berproduksi pada 2016 mendatang.

“Tujuan kami adalah membangun teknologi terkini yang selaras dengan komitmen kami untuk merespon permintaan berkelanjutan dari sebuah NAND memori flash. Kami percaya bahwa kerja sama kami dengan SanDisk memungkinkan kami untuk memproduksi sebuah memori flash generasi terbaru dengan biaya rendah di Yokkaichi,” demikian penjelasan corporate senior VP Toshiba Corporation sekaligus presiden merangkap CEO of Semiconductor & Storage Products Company, Yasuo Naruke, seperti dikutip ciol.com.

Sanjay Mehrotra, Presiden dan CEO SanDisk, menambahkan, “Kami senang bisa melanjutkan kolaborasi jangka panjang kami dengan Toshiba di pabrik baru ini, yang akan meningkatkan keunggulan kami dalam teknologi memori ke era 3D NAND.”

Flashdisk anyar berkapasitas 1 TB ini direncanakan mulai tersedia di pasaran dalam waktu lima tahun sejak pabrik memulai produksinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.