Liga Inggris: Diimbangi Norwich City, Chelsea Terlempar dari Jalur Perebutan Juara

Chelsea vs Norwich City
John Terry (kanan) memprotes wasit saat mengabaikan pelanggaran terhadap Eden Hazard di kotak penalti Norwich City.

LONDON (BanyumasNews.com) – Chelsea gagal memanfaatkan momentum untuk naik ke posisi puncak klasemen Premier League setelah ditahan imbang tim zona degradasi Norwich City. Bertanding di kandang sendiri, Stadion Stamford Bridge, Ahad (4/5) tengah malam WIB, Chelsea bermain tanpa gol.

Dengan belum bermainnya Liverpool, Chelsea berpotensi naik ke puncak klasemen meski mungkin hanya untuk 24 jam ke depan. Jika menang atas Norwich City, The Blues mengoleksi 81 poin dan mengungguli Manchester City dan Liverpool yang hingga menjelang kick off Chelsea vs Norwich City masih berpoin 80.

Peluang tersebut terbuka lebar karena Norwich adalah tim zona degradasi yang di atas kertas seharusnya tak sulit diatasi Chelsea. Namun, alih-alih mengumbar serangan, Chelsea menurunkan susunan pemain yang tak memperlihatkan bahwa mereka menginginkan kemenangan. Uniknya, Jose Mourinho dibuat tak berdaya oleh strategi defensif Norwich yang “meniru” taktik tersebut dari kemenangan Chelsea di kandang Liverpool pekan sebelumnya.

Chelsea tampil sangat dominan di sepanjang pertandingan. Mengingat Norwich bertahan begitu disiplin di area permainan sendiri, para pemain The Blues sukses membuat sejumlah peluang. Sayang, sebanyak 26 tembakan yang dilepaskan John Terry cs. tak satu pun yang berbuah gol.

Justru Norwich yang nyaris membobol gawang Chelsea yang dikawal Mark Schwarzer. Bradley Johnson yang menerima umpan matang dari Martin Olsson seharusnya bisa menceploskan bola ke dalam gawanh, namun sayang ia terlambat mengantisipasi datangnya bola.

Sebelum momen itu Johnson sudah lebih dulu membuat Terry melakukan hand ball di dalam kotak penalti, hanya saja wasit tak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Chelsea tampaknya tengah sial. Setidaknya dua kali tendangan para pemainnya digagalkan tiang dan mistar gawang. Pertama di menit ke-32 saat umpan Nemanja Matic yang dieksekusi Andre Schurrle membentur tiang. Di awal babak kedua, tembakan terarah David Luiz dari luar kotak penalti mengenai mistar gawang.

Wasit mengeluarkan keputusan yang membuat jengkel pemain Chelsea setelah mengabaikan pelanggaran Alex Tettey terhadap Andre Schurrle di dalam kotak penalti pada menit ke-54. Demikian pula ketika Eden Hazard dilanggar keras oleh Ryan Bennett, wasit membiarkannya karena Hazard dinyatakan sudah keburu offside.

Saking jengkelnya, Branislav Ivanovic sampai mendapat kartu kuning saat memprotes keputusan wasit yang menganggap Hazard sudah keburu offside sebelum dijatuhkan Bennett.

Skor tanpa gol berlanjut hingga pertandingan berakhir. Hasil ini secara matematis membuat Chelsea sulit mengejar Liverpool dan Manchester City yang masih berpeluang menambah enam poin lagi. Poin maksimal Chelsea jika menang di partai terakhir adalah 81, sementara poin Liverpool dan City saat ini 80.

Liverpool akan kembali naik ke puncak klasemen jika bisa mengalahkan Crystal Palace pada Selasa (6/5) dini hari nanti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.