Liga Italia: Kalahkan AS Roma, Catania “Bantu” Juventus Jadi Juara

Catania vs AS Roma
Francesco Totti, Miralem Pjanic dan Adem Ljajic tampak kecewa dengan hasil melawan Catania.
CATANIA (BanyumasNews.com) – AS Roma membuat persaingan menuju titel juara Serie A 2013/14 berakhir usai mencatat kekalahan mengejutkan di kandang Catania. Tak sekedar kalah, tim arahan Rudi Garcia menelan skor mencolok 1-4. Dengan kekalahan ini, tim ibukota tersebut tak mungkin lagi mengejar perolehan poin Juventus yang dipastikan menjadi juara bahkan sebelum memainkan pertandingan mereka di pekan ke-36.

Catania adalah tim zona degradasi yang di atas kertas tak akan sulit ditekuk Roma. Selain itu, hanya kemenangan Roma yang dapat menunda pesta juara Juventus lebih cepat. Dengan poin 85, Roma yang berjarak delapan poin dari Juve masih bisa memberi tekanan pada rivalnya dengan menambah tiga poin.

Sayang, alih-alih terus menekan Juve setidaknya hingga sepekan ke depan, Roma justru membuat rivalnya tersebut berpesta lebih cepat. Kekalahan Roma di kandang Catania membuat perolehan poin Juventus (93) tak mungkin lagi dikejar oleh Roma yang menduduki peringkat dua. Serie A musim ini pun secara de facto sudah berakhir.

Kengototan Catania untuk keluar dari zona degradasi membuat mereka mampu unggul 2-0 saat pertandingan memasuki setengah jam pertama. Dua gol Mariano Izco pada menit 26 dan 34 membuat Roma menjalani pertandingan dengan penuh tekanan. Francesco Totti sempat membuat gol balasan di menit 37 dan membuat skor di babak pertama menjadi 2-1.

Roma hanya butuh dua gol tanpa kebobolan lagi untuk pulang dari Stadion Angelo Massimino dengan kemenangan. Sayang, Catania justru menambah dua gol lagi lewat Gonzalo Bergessio (55′) dan Pablo Barrientos (79′). Roma tak mampu membalas lagi sehingga pertandingan berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Hasil ini membuat poin Roma mandeg di angka 85 alias terpaut delapan angka dari Juventus (93) di peringkat pertama. Sisa dua pertandingan tak memungkinkan Roma untuk mengejar, sekalipun berhasil mengalahkan Juve di Stadion Olimpico pada pekan ke-37 mendatang.

Bagi Catania, kemenangan mengagetkan ini belum membuat mereka keluar dari zona degradasi. Tapi setidaknya kini tim Sisilia tersebut tinggal berjarak tiga poin dari Bologna (29) di peringkat 17 klasemen, batas aman terakhir untuk bertahan di Serie A.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.