Setahun Ditetapkan Lima Perda Belum Dilaksanakan

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Ketua DPRD Purbalingga Tasdi mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga agar segera menindaklanjuti lima Peraturan Daerah (Perda) yang sudah disahkan DPRD Purbalingga tahun lalu. Menurut politisi dari PDIP ini, ada lima Perda yang belum ditindaklanjuti Pemkab Purbalingga.
Kelima Perda itu, masing-masing Perda Tentang Pendanaan Pendidikan, Perda Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR), Perda Sampah, Perda Pembangunan Jalan, serta Perda penggilingan Padi.

“Lima Perda itu sudah ditetapkan DPRD tahun lalu tapi belum dilaksanakan. Karena belum ada Perbub (Peraturan Bupati) yang dikeluarkan untuk menindaklanjuti penetapan kelima Perda itu. Karena sebuah perda harus diatur lebih teknis dalam perbup,” kata Tasdi, Sabtu (3/5).

Menurut Tasdi, seharusnya kepala SKPD terkait, langsung menyusun Perbub, untuk melaksanakan Perda yang sudah ditetapkan. Dinas Pendidikan harus menyusun perbup Pendanaan Pendidikan. Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) menyusun perbup untuk menindaklanjuti Perda CSR. Dan Perbub Perda Sampah disusun oleh Badan Lingkungan Hidup.

Untuk Perda Pembangunan Jalan, yang menyusun Perbub Dinas Pekerjaan Umum. Perda Penggilingan padi oleh Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan. “Tugas SKPD adalah menyusun Perbub. Bupati hanya menandatanganinya,” tambahnya.

Tasdi berharap, SKPD terkait bisa segera menyusun Perbub tersebut. Sehingga, Perda yang telah dibuat dengan dana yang tidak sedikit tidak mubazir.

Dalam kesempatan itu, Tasdi juga kembali menegaskan, pada bulan ini DPRD Purbalingga dipastikan akan menetapkan dua Raperda yang gagal ditetapkan pada Rabu (30/4) lalu. Sedangkan dua raperda lainnya, yakni perhitungan SILPA dan raperda ABPD Perubahan 2014, bisa diselesaikan Juli atau Agustus mendatang. “Sebelum masa jabatan DPRD periode ini berakhir,” tegassnya. (BNC)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.