Semifinal II Liga Champion: Bayern Munich 0 – 4 Real Madrid

Bayern Munich vs Real Madrid
Kiper Bayern Munich, Manuel Neuer, harus rela gawangnya dibobol empat kali oleh Real Madrid.

MUNICH (BanyumasNews.com) – Liga Champion terus melanjutkan tradisinya yang tak pernah menghadirkan juara bertahan di final edisi selanjutnya. Sepanjang sejarahnya, tak ada tim juara bertahan yang bisa kembali juara di edisi selanjutnya. Dan, Bayern Munich melanjutkan “rekor” tersebut.

Mengantongi kekalahan 0-1 di leg pertama di Santiago Bernabeu pekan lalu, Bayern seharusnya hanya perlu menang 2-0 saat gantian menjamu Madrid di Allianz Arena, Rabu (30/4) dini hari WIB. Alih-alih meraih kemenangan yang dibutuhkan, tim arahan Josep Guardiola justru kalah semakin banyak.

Memasuki menit ke-15, Madrid sudah unggul berkat gol sundulan Sergio Ramos memanfaatkan bola hasil tendangan sepak pojok dari Luka Modric. Gol tandang yang sangat berarti bagi Los Blancos karena dengan demikian Bayern harus mencetak tiga gol tanpa kebobolan untuk bisa memenangkan semifinal.

Alih-alih membalas, tuan rumah justru kembali kebobolan empat menit berselang. Munich harus membayar kesalahan Toni Kroos yang melanggar Gareth Bale di area pertahanan sendiri. Wasit memberikan tendangan bebas yang bisa dimaksimalkan menjadi gol kedua oleh Ramos. Lagi-lagi sundulan bek tersebut tak mampu dihalau kiper Manuel Neuer.

Skor 2-0 semakin menyulitkan usaha Munich. Tuntutan mencetak empat gol agar menang agregat 4-3 membuat para pemain Die Rotten tertekan. Alhasil, meski menguasai jalannya pertandingan, Munich tak mampu memaksimalkan setiap peluang yang didapat.

Madrid menambah satu gol lagi di menit ke-34. Kali ini Cristiano Ronaldo yang menjebol gawang Neuer setelah mendapat umpan terobosan dari Gareth Bale. Gol ini secara matematis, meski masih mungkin secara teori, menghabisi peluang Bayern Munich. Kebobolan tiga gol di kandang sendiri dan kalah agregat 0-4, Munich harus mencetak minimal lima gol di sis waktu yang ada.

Madrid melengkapi pestanya dengan gol penutup Ronaldo di menit ke-89. Tak cuma membuat skor semakin mencolok menjadi 4-0, dua gol ini juga membuat Ronaldo melampaui rekor gol Lionel Messi, Ruud van Nistelrooy dan Jose Altafini di ajang Liga Champion. Musim ini Ronaldo mencetak 16 gol di Liga Champion, mengalahkan rekor sebelumnya 14 gol semusim.

Kekalahan ini terasa semakin menyesakkan bagi Munich karena mereka menguasai jalannya pertandingan. Statistik menunjukkan Frank Ribery cs. menguasai 69% ball-possession, berbanding 31% milik Madrid. Tuan rumah juga unggul jumlah tembakan, yakni 19 berbanding 13.

Namun lagi-lagi dominasi Munich gagal membuahkan hasil karena mereka tak bermain efektif. Dari 19 tembakan tersebut hanya empat yang mengarah ke gawang. Bandingkan dengan Madrid yang sukses membukukan lima tembakan on target dan empat di antaranya berbuah gol.

Bayern Munich 0 – 4 Real Madrid
(Ramos 16′, 20′, Ronaldo 34′, 89′)

Bayern Munich: 1 Neuer, 21 Lahm, 27 Alaba, 31 Schweinsteiger, 17 Boateng, 4 Dante, 10 Robben, 39 Kroos, 9 Mandzukic (Javi Martínez – 45′), 25 Müller (Pizarro – 72′), 7 Ribéry (Götze – 72′)

Real Madrid: 1 Casillas, 15 Carvajal, 5 Fábio Coentrão, 19 Modric, 3 Pepe, 4 Ramos (Varane – 75′), 11 Bale, 14 Alonso, 7 Ronaldo, 9 Benzema (Isco – 80′), 22 Di María (Casemiro – 84′)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.