Pembangunan Infrastruktur Segera Dimulai

Kepala Bappeda Setiyadi memberikan penjelasan pada acara Sosialisasi Program Kegiatan Pembangunan Tahun 2014 di Pendopo Dipokusumo
Kepala Bappeda Setiyadi memberikan penjelasan pada acara Sosialisasi Program Kegiatan Pembangunan Tahun 2014 di Pendopo Dipokusumo

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Perbaikan infrastruktur dan pembangunan fasilitas umum lainya di tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Kaligondang, Pengadegan dan Kejobong akan segera dilaksanakan. Pembangunan tersebut meliputi, pemeliharaan dan peningkatan jalan, penggantian jembatan, peningkatan prasarana sarana masyarakat serta sarana lain berupa, pembangunan fasilitas kesehatan masyarakat , perbaikan saluran air, rabat beton, dan PNPM Mandiri Pedesaan.Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Purbalingga, Setiyadi saat Sosialisasi Program Kegiatan Pembangunan Tahun 2014 di hadapan Bupati Purbalingga, pejabat Pemkab dan para Kades di Pendopo Dipokusumo Senin (28/4).

Menurutnya, hal yang lumrah jika terjadi kerusakan infrastruktur di daerah, yang menjadi sasaran keluhan adalah kepala daerah setempat, sebagian masyarakat tidak mau tahu kalau infrastruktur yang ada tanggung jawabnya masing ada porsinya, baik milik propinsi maupun kabupaten ada wewenangnya tersendiri.

“Tapi dengan berbagai upaya, pemkab akan terus membenahi berbagai fasilitas umum khususnya jalan kabupaten untuk kelancaran serta memudahkan akses masyarakat, maupun untuk memperlancar jalannnya roda perekonomian,”tuturnya.

Setiyadi menambahkan, sumber anggaran sarana prasarana untuk membenahi beberapa infrastruktur yang ada di Kabupaten Purbalingga, berasal dari dana APBD, dana bantuan gubernur, dana alokasi khusus (DAK), dan dana dari APBN.

Berikut ini proyek-proyek jalan yang siap untuk dilaksnakan di Kecamatan Kejobong, Pengadegan, dan Kaligondang, untuk Kecamatan Kejobong, pemeliharaan berkala jalan meliputi Larangan Kecamatan Pengadegan – Pangempon Kecamatan Kejobong, selanjutnya jalan Karangtengah – Karangjoho – Pangempon – Kejobong, serta jalan Kedarpan (Kejobong) sampai Panunggalan, batas Danakerta (Banjarnegara). Sedangkan Untuk proyek peningkatan jalan Timbang – Nangkod, Bandingan (Dukuh Kramat) – Gumiwang – Karangjoho (Dusun Bandingan) – (Dusun Pagelaran), dan Peningkatan jalan desa, Desa Pandansari Kecamatan Kejobong.

Pemeliharaan jalan yang merupakan proyek lanjutan diantaranya, pemeliharaan jalan berkala Sinduraja (Kaligondang) – Pasunggingan (Pengadegan) – dan Pangempon (Kejobong), Sokanegara – Gumiwang, sedangkan proyek lanjutan berupa peningkatan jalan , adalah Timbang-Nangkod yang merupakan lanjutan dari proyek sebelumnya, sedangkan proyek penggantian jembatan adalah jembatan Sungai Ranu pada ruas jalan Sinduraja (Dusun Gambiran) – Pasunggingan – Pangempon.

Untuk Kecamatan Pengadegan, Pemeliharaan berkala jalan Larangan Kecamatan Pengadegan – Pangempon Kecamatan Kejobong, dan Pengadegan – Tetel- Tegalpingen merupakan pemeliharaan jalan berkala lanjutan, sedangkan peningkatan jalan adalah, jalan tembus jalur Larangan – Bedagas. Disamping itu untuk RT 03 RW 12 desa Pengadegan dilakukan pengerasan jalan dan di RT 01 RW 01 Desa Tumanggal dilaksanakan pembuatan jalan serta drainase.

Untuk Kecamatan Kaligondang, pemeliharan jalan berkala, meliputi jalan Kalikajar-Slinga – Sidanegara, dan selanjutnya jalan Selanegara – Beji (Selakambang), sedangkan untuk proyek peningkatan jalan dari Arenan (Dukuh Sambeng) – Kaligondang, serta pengaspalan jalan desa, desa Sidareja Kecamatan Kaligondang. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.