Liga Inggris: Dikalahkan Chelsea, Peluang Juara Liverpool Menipis

Liverpool vs Chelsea
Gawang Liverpool dua kali dibobol oleh Chelsea dan tak bisa membalas.

LIVERPOOL (BanyumasNews.com) – Laga bigmatch Liverpool vs Chelsea yang mentas di Stadion Anfield, Ahad (27/4) malam WIB, menghasilkan drama. Chelsea yang masih berpeluang menjadi juara mengalahkan Liverpool dua gol tanpa balas sekaligus membuat kans juara The Reds menipis.

Bertanding di hadapan fan sendiri, Liverpool menargetkan hasil maksimal demi menjaga asa juara. The Reds membutuhkan minimal tujuh poin untuk keluar sebagai pemenang Premier League musim ini. Satu poin dari Chelsea akan sangat bernilai bagi perjuangan Steven Gerrard cs.

Peluang sangat terbuka mengingat Chelsea mengistrirahatkan sebagian besar pemain intinya. Kiper utama Petr Cech dan kapten tim John Terry absen karena cedera. Demikian pula dengan Eden Hazard dan Samuel Eto’o yang masih disimpan untuk laga semifinal kedua Liga Champion melawan Atletico Madrid pada Rabu (30/4) mendatang.

Strategi Parkir Bus
Sayang, alih-alih menangguk poin, tuan rumah justru tak mampu membongkar strategi ultra defensif yang diperagakan Jose Mourinho. Delapan hingga sembilan pemain Chelsea kerap menumpuk di kotak penalti sendiri, lalu berharap mendapat peluang melalui serangan balik dengan hanya mengandalkan dua-tiga pemain menyerang.

Strategi ini berhasil. Barisan depan Liverpool yang dikomandoi Luis Suarez tak berhasil menembus ketatnya pertahanan Chelsea. Jika pun berhasil mendapat kesempatan menendang, bola tak akan sampai ke gawang karena keburu diblok dua-tiga pemain lawan.

Petaka bagi Liverpool terjadi di masa injury time. Mamadou Sakho yang menguasai bola di sisi kiri pertahanan Liverpool memberikan umpan pada Steven Gerrard di tengah. Sial, sang kapten terpeleset saat hendak menjangkau bola. Si kulit bundar pun menjadi liar dan disambar oleh striker Chelsea, Demba Ba.

Tanpa pengawalan berarti, Ba berlari mendekati gawang. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper Simon Mignolet, eks striker Newcastle United tersebut sukses menjebol gawang setelah sebelumnya menendang bola melewati sela-sela kaki kiper. 1-0 Chelsea memimpin babak pertama.

Di babak kedua, strategi defensif Chelsea kian menjadi-jadi. The Blues benar-benar hanya mengandalkan serangan balik. Ini masih ditingkahi strategi memperlambat tempo, di mana setiap kali mendapat bola para pemain Chelsea akan berlama-lama memainkan si kulit bundar.

Gerrard yang merasa bersalah kerap membuang peluang dengan melepas tendangan dari luar kotak penalti yang jika tidak melenceng dari gawang, bola akan diblok pemain belakang Chelsea. Hanya sekali kiper cadangan Chelsea Mark Schwarzer menepis tendangan Gerrard. Lalu sekali lagi tendangan terukur Suarez.

Memasuki injury time babak kedua, Liverpool yang keasyikan menyerang kembali kecolongan. Bola yang mental akibat serangan gagal berhasil direbut Fernando Torres. Eks idola Anfield ini berlari menggiring bola tanpa pengaawalan siapa pun karena seluruh pemain Liverpool berada di bidang permainan Chelsea, menyisakan Mignolet sendirian di gawang.

Memasuki kotak penalti, Torres mengecoh Mignolet dan memberikan bola pada Willian. Tanpa kesulitan, Willian menceploskan bola ke dalam gawang kosong. 2-0 untuk Chelsea.

Hasil ini membuat peluang juara Liverpool tergantung pada hasil di dua laga terakhir plus hasil pertandingan Manchester City. Jika bisa memenangkan dua pertandingan sisa, plus Man. City setidaknya seri sekali, maka Liverpool tetap bisa menjadi juara. Jika City terus menang, Liverpool harus menanti lebih lama untuk bisa mendapatkan gelar juara.

Liverpool 0 – 2 Chelsea

Liverpool: 22 Mignolet, 2 Johnson, 38 Flanagan (Iago Aspas – 81′), 8 Gerrard, 37 Skrtel, 17 Sakho, 21 Lucas (Sturridge – 58′), 24 Allen, 7 Suarez, 31 Sterling, 10 Coutinho

Chelsea: 23 Schwarzer, 28 Azpilicueta, 3 Cole, 12 Mikel, 2 Ivanovic, 33 Kalas, 21 Matic, 8 Lampard, 19 Ba (Torres – 84′), 15 Salah (Willian – 60′), 14 Schürrle (Cahill – 77′)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.