UPK PNPM MPd Kaligondang Bantu 525 Anak Sekolah

PURBALINGGA – Sebanyak 525 anak sekolah kategori tidak mampu dari 18 desa di wilayah Kecamatan Kaligondang, Sabtu (26/4) menerima bantuan sosial paket pendidikan dari Unit Pengelola Kegiatan – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (UPK PNPM MPd) Kecamatan Kaligondang. Pemberian bantuan itu dilakukan Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPNM MPd Kabupaten Purbalingga, Wulanti Sosiana secara simbolis kepada perwakilan dari siswa Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Taman Kanak-kanan (TK), Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD).
Ikut hadir pada acara penyaluran dana sosial dan peresmian hasil kegiatan UPK PNPM MPd Kecamatan Kaligondang tahun 2013 yang dipusatkan di Desa Tejasari itu, Camat Kaligondang Harsono, Ketua UPK PNPM MPd Kecamatan Kaligondang, Juwondo , para kepala desa se Kecamatan Kaligondang dan sekitar 350 undangan.

Ketua UPK PNPM MPd Kecamatan Kaligondang, Juwondo mengatakan, untuk paket pendidikan yang diberikan kepada 525 siswa tidak mampu, setiap siswa menerima satu paket seharga Rp 200 ribu yang berisi tas, sepatu, seragam, dan alat tulis. Paket pendidikan itu total senilai Rp 105 juta, yang bersumber dari surplus dana kegiatan UPK PNPM MPd Kecamatan Kaligondang tahun 2013.

“Selama tahun 2013, UPK PNPM MPd Kecamatan Kaligondang memperoleh keuntungan dari dana yang dipinjamkan sebesar Rp 500 juta. Dana itu selanjutnya digunakan untuk tambahan modal sebanyak 51 persen, kelembagaan 10 persen, kegiatan UPK 4 persen, dan untuk alokasi dana sosial pendidikan sebesar 35 persen atau Rp 105 juta, serta sisanya untuk cadangan resiko pinjaman,” ujar Juwondo.

Saat ini, lanjut Juwondo, dari modal awal dana yang dipinjamkan sebanyak Rp 320 juta pada tahun 2008, dana yang dimiliki UPK PNPM MPd Kecamatan Kaligondang telah berkembang menjadi Rp 2,8 milyard. “Jika dibandingkan kecamatan-kecamatan lain di Purbalingga, pengelolaan keuangan di UPK Kaligondang yang terbaik, karena tunggakan pinjaman yang paling kecil. Tunggakan itu rata-rata Rp 50 juta/bulan,” ujar Juwondo.

Juwondo juga menjelaskan, pada tahun 2013 UPK PNPM MPd Kecamatan Kaligondang menerima Rp 3 milyard. Dana sebesar itu dibagi ke 18 desa di wilayah Kecamatan Kaligondang, dan kini telah selesai untuk membangun berbagai sarana fisik. Diantaranya pembuatan rabat beton dan drainase di Desa Tejasari. Sedang di desa-desa lainnya di wilayah Kecamatan Kaligondang, proyek fisik yang dikerjakan diantaranya pembuatan lumbung desa, rabat beton, gorong-gorong, drainase, talud jalan dan pengerasan jalan. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.