Semifinal Europa League: Benfica 2 – 1 Juventus

SL Benfica
Benfica kalahkan Juventus 2-1 di pertandingan leg pertama semifinal Europa League.

LISABON (BanyumasNews.com) – SL Benfica sukses melakoni laga leg pertama semifinal Europa League dengan mengalahkan Juventus 2-1. Hasil di Stadion Da Luz, Lisabon, pada Jumat (25/4) dini hari WIB, tersebut membuat klub yang telah memastikan diri sebagai juara Liga Portugal itu tinggal memaksakan hasil imbang di leg kedua saat ganti bertandang ke Turin.

Bermain di depan pendukung sendiri serta berstatus juara Portugal, Benfica langsung unggul cepat di menit ke-2 ketika tandukan Ezequiel Garay memanfaatkan sepak pojok Miralem Sulejmani sukses membobol gawang Gianluigi Buffon. Histeria penonton pun memenuhi stadion yang pernah menggelar laga Euro 2004 itu.

Sayang, keunggulan cepat ini mandeg selama sejam lebih. Usai gol Garay, taktik gerendel Juventus ampuh meredam barisan penyerangan Benfica. Tercatat tuan rumah hanya mampu melepas tiga tembakan ke gawang Juve, serta tak satu pun yang sampai menyusahkan Buffon.

Sebaliknya, Juve justru berhasil memanfaatkan minimnya serangan yang mereka miliki dengan ancaman langsung ke mulut gawang. Salah satunya tendangan keras Carlos Tévez dari luar kotak penalti pada menit ke-14 yang masih bisa diselamatkan kiper Artus Moraes. Lalu sepakan Mirko Vucinic di menit ke-28 yang diblok.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 bagi keunggulan Benfica. Namun, memasuki babak kedua tuan rumah justru terus ditekan oleh serangan demi serangan yang dibangun Juventus. Sundulan Paul Pogba di menit ke-55, lalu disusul sundulan Vucinic dua menit berselang nyaris saja membobol gawang Moraes jika tak berhasil digagalkan.

Setelah tendangan Kwadwo Asamoah di menit ke-69 melenceng dari sasaran, gawang Benfica akhirnya jebol juga empat menit berselang. Tendangan kaki kanan Tévez memanfaatkan umpan Asamoah tak mampu dihalau Artur Moraes. Skor pun menjadi imbang 1-1, sebuah gol tandang berharga bagi Juventus.

Tak ingin laga leg kedua berjalan sulit, Benfica berupaya mencari gol kedua demi memenangkan pertandingan. Namun Juve sudah terlanjur menerapkan startegi defensif. Tevez si pencetak gol ditarik keluar dan digantikan Pablo Osvaldo untuk memperkuat lini tengah.

Menit ke-84, akhirnya Benfica bisa juga mencetak gol tambahan. Mendapat umpan dari Enzo Pérez, tendangan kaki kanan Lima dari dalam kotak penalti tak bisa diselamatkan Buffon. Skor pun berubah 2-1 untuk keunggulan Benfica dan bertahan hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan tipis ini belum menjamin langkah Benfica ke partai final. Juve cukup menang 1-0 di leg kedua yang akan berlangsung pekan depan di Juventus Stadium, Turin. Jika ingin lolos ke final, maka Benfica wajib mencari hasil imbang jika tak bisa kembali meraih kemenangan.

Benfica 2 – 1 Juventus
(Garay 2′, Lima 84′ – Tevez 73′)

Benfica: Artur, Luisao, Maxi Pereira, Guillherme Siqueira, Ezequiel Garay, Andre Gomes (Ivan Cavaleiro), Enzo Perez, Lazar Markovic, Oscar Cardozo, (Lima), Miralem Sulejmani (Andre Almeida), Rodrigo

Juventus: Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Martín Caceres, Leonardo Bonucci, Paul Pogba, Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, Kwadwo Asamoah, Stephan Lichtsteiner, Mirko Vucinic (Sebastian Giovinco), Carlos Tevez (Pablo Daniel Osvaldo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.