Demo Awak Truk di Ajibarang Ricuh

DEMO AWAK TRUK: Awak bus bersitegang dengan petugas jembatan timbang di Ajibarang (foto:nan)
DEMO AWAK TRUK: Awak bus bersitegang dengan petugas jembatan timbang di Ajibarang (foto:nan)

BANYUMAS (BanyumasNews.Com) – Aksi demo puluhan awak kendaraan truk di Ajibarang, Banyumas Jawa Tengah, Jumat (25/04) siang berlangsung ricuh. Mereka memblokir lokasi jembatan timbang dengan menghentikan kendaraan di depan pintu. Para awak truk ini memprotes besarnya pungutan yang dilakukan petugas yang dinilai tidak manusiawi.

Sekitar 30 truk yang biasa mangkal di wilayah Ajibarang Banyumas, ini mendatangi lokasi jembatan timbang di kota tersebut. Mereka langsung memarkirkan kendaraan di dalam jembatan timbang sehingga pintu masuk tertutup.

Suasana ricuh saat petugas meminta agar awak truk tidak memarkirkan kendaraan di areal jembatan timbang. Awak truk sopir tetap membiarkan kendaraan mereka menghalangi jalan masuk, sehingga terjadi ketegangan. aksi ini juga membuat jalur utama Jakarta-Purwokerto di kota tersebut lumpuh.

Para awak sopir ini memprotes pungutan petugas jembatan timbang yang dianggap berlebihan. “ Kami meminta perbedaan pungutan antara kendaraan lokal dengan luar kota. Pungutan sebesar Rp 30 ribu rupiah terlalu mahal. Kami meminta keringanan, atau pungutan sekitar Rp 10 ribu rupiah setiap truk, ujar Hartono (34), kordinator aksi.

Sementara Komandan Regu (Komru) Jembatan Timbang Ajibarang.Slamet Priyono,mengatakan,  pihaknya sebenarnya melakukan denda sesuai aturan. Tapi kalau mereka meminta keringanan ya akan kami sampaikan ke pimpinan kami, “ ujarnya.

Negoisasi yang berlangsung tegang antara awak dengan petugas tak membuahkan hasil. Para awak truk ini mengancam akan kembali melakukan aksi lebih besar jika tuntutan tidak segera dipenuhi.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.