Liverpool FC Umumkan Rencana Renovasi Stadion Anfield

Stadion Anfield
Begini tampilan Stadion Anfield pada 2016 nanti ketika proses renovasi selesai.

LIVERPOOL (BanyumasNews.com) – Keinginan Liverpool untuk bersaing dengan klub-klub papan atas Premier League memasuki babak baru. Klub pemegang 18 gelar liga Inggris tersebut mengumumkan rencana perluasan stadion Anfield demi meningkatkan pemasukan dari sektor tiket.

Stadion Anfield yang mulai digunakan Liverpool sejak 1892 telah mengalami berbagai perubahan. Dari awalnya hanya berkapasitas 8.000 penonton, kini stadion legendaris di Inggris itu mampu menampung 45.000-an penonton. Namun, jika dibandingkan dengan kapasitas para rival di Inggris, jumlah tersebut terhitung kecil.

Ambil contoh Stadion Emirates milik Arsenal yang mampu menampung 60.338 penonton, atau Etihad Stadium milik Manchester City yang juga bisa menampung 60.000-an penonton. Bila dibandingkan dengan Stadion Old Trafford milik Manchester United, maka kapasitas Anfield tidak ada apa-apanya. Old Trafford yang merupakan stadion terbesar di Inggris ini mampu menampung 75.731 penonton.

Menyadari pentingnya pemasukan dari sektor tiket pertandingan inilah Liverpool lantas merencanakan perluasan stadion. Klub menganggarkan dana sebesar 100 juta pound untuk merenovasi tribun Main Stand yang berkapasitas 12.500 kursi menjadi 21.000 kursi plus 36 boks eksekutif. The Reds juga punya rencana tambahan untuk merombak tribun Anfield Road setelah renovasi Main Stand rampung.

Jika proposal pembangunan ini disetujui Dewan Kota Liverpool, dan tak ada hambatan di tengah proses pembangunan, maka tribun Main Stand yang baru mulai bisa digunakan sejak musim 2016/17. Saat itu Anfield akan berkapasitas 54.000 penonton atau 10.000 orang lebih banyak dari saat ini. Kemudian jika tribun Anfield Road Stand rampung–ditargetkan pada 2018, maka sejak 2018/19 laga Liverpool di Anfield bakal disaksikan 59.000 lebih penonton.

Rabu (23/4) lalu Liverpool mengumumkan desain Anfield kepada publik. Dalam gambar rancangan komputer tersebut, tribun Main Stand yang saat ini hanya terdiri dari satu tingkat akan menjadi tribun tiga tingkat, menjadikannya sebagai tribun terbesar di Anfield.

Walikota Liverpool, Joe Anderson, mengatakan pihak klub boleh mengajukan proposal pembangunan pada akhir Mei. Sementara pihak klub menargetkan proses pembangunan dimulai pada awal 2015.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.