Louis van Gaal Calon Kuat Pengganti David Moyes di Manchester United

Louis van Gaal
Louis van Gaal, calon favorit pengganti David Moyes di Manchester United.
MANCHESTER (BanyumasNews.com) – Tak lama setelah memecat David Moyes dari jabatan manajer, berbagai isu berkembang menyoal siapa sosok yang bakal mengisi kursi lowong di Old Trafford. Nama pelatih berpengalaman asal Belanda, Louis van Gaal, disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti Moyes.

Saat ini United menunjuk pemain paling senior di klub, Ryan Giggs, sebagai manajer sementara hingga musim usai. Giggs sendiri sebenarnya masih berstatus pemain aktif dan sempat beberapa kali diturunkan oleh Moyes. Namun, sejak Juli tahun lalu gelandang asal Wales ini bertugas ganda sebagai pelatih bersama eks rekannya Philippe Neville yang dibawa Moyes dari Everton.

Dengan berstatus manajer sementara, posisi Giggs dipastikan bakal digeser muka baru pada musim depan. Banyak nama disebut-sebut sebagai calon pengganti Moyes, di antaranya Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, Diego Simeone, Laurent Blanc dan Juergen Klopp. Namun karena masing-masing target tersebut masih terikat kontrak dengan klub masing-masing, peluang mereka untuk pindah ke Old Trafford tampak sulit.

Klopp mengatakan kontraknya dengan Borussia Dortmund tak bisa diganggu gugat, sementara Guardiola tengah fokus memimpin Bayern di Liga Champion setelah dipastikan menjuarai Bundesliga. Carlo Ancelotti dan Diego Simeone juga masih menikmati tantangan di Real Madrid dan Atletico Madrid. Keduanya tak hanya bersaing di Liga Spanyol, tapi juga Liga Champion. Sedangkan Blanc tak punya pengalaman melatih di Inggris.

Maka, calon paling pas untuk klub sekelas Man. United adalah Louis van Gaal. Rekam jejak pelatih Belanda ini sangat mengesankan. Ia pernah memenangkan tiga gelar juara Liga Belanda bersama Ajax Amsterdam, plus satu trofi Liga Champion pada 1995. Ketika dipercaya melatih Barcelona, pria 62 tahun ini sukses dua kali menjadi juara La Liga. Lalu, saat pindah ke Jerman untuk menukangi Bayern Munich, lagi-lagi ia berhasil menjuarai Bundesliga di tahun 2010.

Satu hal yang akan menguntungkan United, Van Gaal punya hubungan emosional sangat baik dengan striker Robin van Persie. Kedua sosok ini bahkan tertangkap kamera senang menonton sebuah pertandingan bersama-sama tak lama sebelum Moyes dipecat. Apakah United menugasi Van Persie untuk merayu Van Gaal? Bisa jadi.

Jika mengingat sejarah besar United plus tuntutan besar yang bakal diemban manajer anyar, sosok matang dan berpengalaman seperti Van Gaal adalah pilihan tepat. Tinggal mau-tidaknya sang arsitek yang bakal menentukan kesepakatan kedua belah pihak.

United tentu berharap sudah mempunyai manajer baru sebelum Piala Dunia pada Juni nanti agar sang manajer anyar bisa segera memantau pemain-pemain baru untuk memperkuat skuat musim depan. Anggota tim Setan Merah saat ini banyak diisi pemain berkepala tiga yang sebagian telah menurun performanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.