Longsor, Jalan Penghubung Desa Nyaris Putus

Ruas jalan di Desa Bajong, Kecamatan Bukateja ambrol dan hampir putus sejak dua minggu lalu. Ambrolnya jalan ini sangat membahayakan pengguna jalan.
Ruas jalan di Desa Bajong, Kecamatan Bukateja ambrol dan hampir putus sejak dua minggu lalu. Ambrolnya jalan ini sangat membahayakan pengguna jalan.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Jalur jalan penghubung desa di Desa Bajong, Kecamatan Bukateja nyaris terputus. Sjak dua minggu lalu gorong-gorong sisi kanan jalan tersebut mengalami longsor dan memakan badan jalan hampir separuh.

Kepala Desa Bajong, Herlambang mengatakan, lokasi longsornya jalan tersebut tak jauh dari perempatan Bajong sebelum masuk wilayah perumahan. Jalan tersebut menjadi akses utama ke Desa Tidu dan jalan alternatif ke Desa Majasem, Kecamatan Bukateja. Menurutnya, di lokasi tersebut sebelumnya pernah ambrol dan sudah diperbaiki dengan diuruk. Namun dua minggu lalu, lokasi tersebut ambrol lagi.

“Dari pihak desa sudah melakukan penanganan dengan cara dikeruk. Kami juga sudah melapor ke pihak kecamatan dan DPU (Dinas Pekerjaan Umum), namun sampai sekarang belum ada penanganan,” katanya, Selasa (22/4).
Ia mengusulkan agar perbaikan tersebut menggunakan plat beton. Pasalnya, jika tidak, khawatirnya jika sudah diperbaiki akan ambrol lagi, karena di lokasi tersebut terdapat gorong-gorong.

Kondisi tersebut juga membahayakan pengguna jalan terutama pada malam hari. Pasalnya di sekitar lokasi tidak ada lampu penerangan. Pihak desa hanya memberi penanda berupa bambu yang pasang melingkar jalan yang ambrol tersebut.

Sementara itu, Kepala DPU Purbalingga, Sigit Subroto mengatakan, ia belum menerima laporan perihal rusaknya jalan di Desa Bajong tersebut. Hari ini ia akan memerintahkan stafnya untuk meninjau lokasi ambrolnya jalan itu.  “Jika volumenya kecil, akan kami perbaiki dengan pemeliharaan rutin. Tapi jika volumenya besar, akan diusulkan di anggaran perubahan,” katanya. (pt)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.