Seorang Siswa Kerjakan Soal UN di UKS

Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Purbalingga jurusan IPS, Desi Nur, terpaksa harus mengerjakan soal ujian nasional di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Purbalingga jurusan IPS, Desi Nur, terpaksa harus mengerjakan soal ujian nasional di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)   – Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Purbalingga (Jateng) jurusan IPS, Desi Nur, terpaksa harus mengerjakan soal ujian nasional di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Meski tengah menderita sakit, siwa tersebut terlihat bersemangat saat mengerjakan soal ujian, meski dengan berbaring di salah satu bed UKS.

“Jumlah siswa yang mengikuti UN sebanyak 342 siswa terdiri dari 168 siswa IPA dan 174 IPS. Satu siswa tidak mengikuti UN karena sakit dan dirawat di rumah sakit. Kemudian satu siswa lainnya mengerjakan UN di UKS juga karenan sakit,” ungkap Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Purbalingga, Heriyanto saat menerima Bupati Sukento Rido Marhaendrianto yang melakukan pantauan UN di sejumlah sekolah, Senin (14/4/2014).

Jumlah siswa sebanyak itu, melaksanakan ujian mengunakan 18 ruangan yang ada dengan melibatkan 36 pengawas dari berbagai jenjang pendidikan SMA sederajat. Selain itu juga diawasi oleh 3 pengawas satuan pendidikan dari Unsoed Purwokerto.

“Saya minta kepada panitia ujian, tolong khusus untuk siswa yang sedang sakit terus dipantau kesehatannya. Kalau tidak memungkinkan dan harus dirawat di rumah sakit, masih ada kesempatan mengikuti ujian susulan,” ujar Bupati Sukento yang didampingi Kapolres Purbalingga AKBP I Ketut Suwitra Adnyana, Kepala Dinas Pendidikan Tri Gunawan, Kepala Kantor Kementerian Agama Rochiman dan sejumlah kepala bagian Setda.

Saat melakukan pantauan, bupati sempat mengecek kesiapan sekolah menyangkut pengamanan soal ujian, kesiapan siswa dan panitia pelaksana UN.

Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga, Bupati Sukento bahkan sempat berbincang dengan sejumlah siswa yang baru saja selesai mengerjakan soal UN Bahasa Indonesia. “Bagaimana soal ujiannya, dapat dikerjakan semua ?,” tanya Bupati. “Kira-kira dapat nilai berapa ?,” lanjutnya.

Beberapa siswa yang sedang bergerombol serentak menjawab bisa mengerjakan soal yang diujikan hari itu. “Mudah-mudahan bisa dapat nilai 9 pak,” jawab salah satu siswa.

Dari data yang ada, peserta ujian nasional di MAN Purbalingga seluruhnya berjumlah 331 siswa meliputi tiga jurusan yakni IPA diikuti 172 siswa, IPS 143 dan Agama 36 siswa. Sebelumnya, Bupati singgah di SMK Negeri 1 Purbalingga dan SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga.

Terkait pelaksanaan Ujian Nasional, Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga Tri Gunawan meminta siswa tidak panik dan tegang dalam menghadapi UN. Menurut Tri Gunawan, UN merupakan tahapan yang harus dilalui sebagai slah satu syarat kelulusan siswa.

“Di Purbalingga, terdapat 7.415 siswa SMA/SMK?MA yang akan mengikuti UN mulai hari ini (14/4) hingga Rabu (16/4),” ujar Tri Gunawan.

Tri Gunawan merinci, peserta UN di Purbalingga terdiri dari tingkat SMA /MA sebanyak 2.894 siswa. Meliputi laki-laki 1.049 siswa dan perempuan 1.845 siswi. Untuk tingkat SMK sebanyak 4.590 siswa terdiri dari laki-laki 2.590 dan perempuan 1.931. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.