Purbalingga Alokasikan Rp 126,7 miliar untuk Pembangunan ke-PU-an

dialog interaktif halo bupatiPURBALINGGA (BanyumasNews.Com)   –  Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto mengatakan anggaran ke-PU-an di Kabupaten Purbalingga dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun ini Sebesar 126,7 milyar.  Hal itu diharapkan berimplikasi terhadap semakin membaiknya kondisi jalan di wilayah kabupaten Purbalingga.  

Dari data yang ada, saat ini kondisi jalan di Purbalingga yang tergolong baik sepanjang  431.558 km atau  60.76 % dari total panjang jalan yang dimiliki Purbalingga. Sedangkan kondisi sedang sepanjang  133.652 km (18.82 %) , kondisi Rusak Ringan  50.84 km ( 7.16 %) dan jalan dengan  kondisi Rusak Berat sepanjang  94.154 km atau  13.26 %.

“Target kita  pada tahun anggaran 2014 ini adalah 73.44% jalan di Purbalingga dalam kondisi baik atau sepanjang 521.558 km,” ungkap Bupati Sukento saat mengawali Dialog Interaktif Hallo Bupati yang digelar di Pendapa Dipokusumo, Kamis (3/4) malam.

Menurut Bupati, komitmen pembangunan infrastruktur ini ditopang dengan adanya alokasi belanja daerah pada APBD  tahun anggaran 2014 untuk membiayai  99 program dan 1.613 paket kegiatan.  Dibandingkan dengan APBD tahun anggaran 2013 sebesar Rp 1.135.760.698.000,- yang untuk membiayai  1.567  paket  kegiatan,  maka  APBD tahun anggaran 2014 mengalami kenaikan sebesar Rp  146.552.462.000,- atau naik 12,90 %.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut peduli terhadap tetap terpeliharanya kondisi jalan yang ada diseluruh wilayah Purbalingga. Misalnya dengan menggunakan jalan sesuai kapasitasnya. Termasuk menjaga jalan agar tidak tergenang air, dengan menjaga kebersihan drainase dan lainnya,” ajak Bupati.

Kepala Bappeda Setiyadi menuturkan untuk kegiatan pemeliharaan dan peningkatan jalan Provinsi yang melintas wilayah Purbalingga, saat ini sudah mulai dilaksanakan.  Misalnya, jalan Pemalang – Purbalingga sudah sejak lama dilakukan pelebaran jalan dan terus berlanjut hingga sekarang. Termasuk jalan dari Sokaraja ke Purbalingga juga terus dilakukan peningkatan.

Untuk kegiatan jalan kabupaten, Kabag Pembangunan Setda Yani Sutrisno Udi Nugroho mengaku baru dapat dilaksanakan awal Mei mendatang. Dari 249 paket kegiatan ke-PU-an, 149 paket diantaranya, pengadaanya melalui metode lelang. Kemudian pengadaan langsung 9 paket dan swakelola 3 paket.

“Saat ini yang sudah masuk unit layanan pengadaan (ULP) sebanyak 23 paket. Rinciannya, sudah terproses lelang 4 paket, dan sedang dilakukan verifikasi dokumen pengadaan sebanyak 19 paket,” kata Yani.

Dia memperhitungkan, jika lelang dapat dilaksanakan 1 bulan, kemudian Mei penandatanganan kontrak. Dan awal Juni sudah bisa dilaksanakan.

Dialog diselenggarakan rutin tiap awal bulan, dengan tema yang berbeda. Bulan ini, dialog bupati mengambil tema pembangunan insfrastruktur jalan dan jebatan di Purbalingga dalam rangka mendukung tahun infrastruktur. Menjadi narasumber, Bupati Sukento, Ketua Bappeda Setiyadi, Kepala DPUK Sigit Subroto, Asisten 2 Susilo Utomo, Kabag Pembangunan Yani Sutrisno dan Dosen Fakultas Teknik Unsoed DR Sugito. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.