Pramuka Tanamkan Kegiatan Beragama

Pelepasan kontingen pesta siaga Kwarcab Kabupaten Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Jum’at pagi (28/3). Kontingen pesta siaga akan berlaga di Cilacap.
Pelepasan kontingen pesta siaga Kwarcab Kabupaten Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Jum’at pagi (28/3). Kontingen pesta siaga akan berlaga di Cilacap.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Untuk mencapai tujuan gerakan pramuka dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, maka perlu adanya kegiatan yang membangkitkan semangat daya kemampuan anak-anak pramuka. Kegiatan pramuka juga perlu ditanamkan kesadaran beragama untuk bertaqwa serta cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kesadaran berkaidah sebagai bahan pengetahuan penghayatan baik kaidah yang menguntungkan, maupun merugikan dalam hubungan atar sesame manusia.

“Untuk itu, maka Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Purbalingga perlu ikut serta pada kegiatan pesta siaga Kwartir Daerah Binwil Banyumas tersebut di Kwarcab Kabupaten Cilacap, berdasarkan hasil kejuaraan pesta siaga tingkat cabang Purbalingga,” kata M Asifudin Pimpinan Kontingen Pesta Siaga  Kwartir Daerah Jawa Tengah Binwil Banyumas, saat melaporkan kegiatan pelepasan kontingen pesta siaga Kwarcab Kabupaten Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Jum’at pagi (28/3).

Selain itu Asifudin menambahkan sebagai bahan pembinaan guna menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan serta kesadaran berbangsa bernegara ,tujuan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memupuk rasa persatuan kesatuan jiwa kejuangan bagi generasi Indonesia.

“Kami juga berharap agar para adik-adik pramuka agar kegiatan supaya dapat memadukan pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada generasi sebelumnya. Disamping itu juga sebagai bahan untuk melatih ketahanan mental, jasmani dan rohani,”harapnya.

Berkaitan dengan kegiatan kepramukaan, ketua Mabicab Kabupaten Purbalingga yang juga Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto berpesan kepada para peserta kontingen agar semua yang berkaitan tentang pramuka supaya dipantau dengan baik.

“Ini sangat penting, karena kegiatan pramuka menyangkut pembinaan mental para generasi muda serta sebagai ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi serta kreatifitas adik-adik sekalian. Disamping itu juga dalam rangka untuk mencari pengalaman dan mengasah kemampuan serta ketrampilan yang  adik-adik miliki,”tuturnya.

Sukento juga meminta, agar pada pesta siaga tersebut kontingen Purbalingga khususnya para peserta siaga untuk menjaga, mengharumkan nama baik Kabupaten Purbalingga selama berlangsungnya kegiatan.

“Jaga nama baik serta harumkan Purbalingga, tunjukkan prestasi serta kemampuan dengan maksimal melalui pesta siaga kali ini, patuhilah segala tugas-tugas yang diberikan oleh para pembina, pendamping selama berlangsungnya kegiatan tersebut. Dan tidak kalah pentingnya, jaga kesehatan, jaga pribadimu di sana, agar agenda kegiatan dapat dilaksanakan dengan lancer, sukses dan selamat,”pintanya.

Pelepasan kontingen pesta siaga Kabupaten Purbalingga dihadiri  Ketua Kwrrtir Cabang Purbalingga beserta jajarannya, para Andalan Kwarcab, Kepsek pengirim kontingen dan para bina damping kontingen.

Peserta terdiri dari dua barung putra putri yang masing-masing barung tergiat I dan II pada kegiatan Pesta Siaga Cabang Kwarcab Purbalingga yang dilaksanakan pada tanggal 22 Pebruari 2014 lalu.

Barung tersebut adalah dua barung putra dari SDN 3 Makam Kecamatan Rembang, dan SDN 1 Baleraksa Kecamatan Karangmoncol, sedangkan untuk barung putrid dari MI Maarif NU 2 Tunjungmuli serta SDN 1 Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol dengan jumlah setiap barung terdiri delapan anak sehingga total seluruh peserta sebanyak 32 anak.

Sedangkan untuk Pimpinan Kontingen adalah Andalan Cabang urusan Siaga Putra yang diberi mandate dari Kwarcab dengan jumlah pimpinan kontingen sat orang, dan untuk bina pendamping adalah pembina asli dari masing-masing barung tergiat serta jumlahnya dua bina pendamping putra 2 bina, 2 pendamping putri.Untuk para juri rinciannya 13 juri putra serta 13 juri putri. (BNC)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.