Wiranto : Sesama Capres Tak Perlu Saling Sindir

Wiranto, Ketua Umum Partai Hanura
Wiranto, Ketua Umum Partai Hanura

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Jenderal (pur) Wiranto menilai fenomena kandidat capres yang saling sindir di media, semestinya tidak perlu dilakukan. Capres dan partai politik seharusnya fokus pada upaya meyakinkan rakyat. Menyampaikan program kerja yang bagus dan dibutuhkan rakyat. “Lah kok malah nyindir-nyindir capres lainnya.  Tidak ada gunanya itu,” kata Wiranto kepada wartawan di lobi Hotel Utama Purbalingga, Rabu siang (26/3/2014).

Keberadaan mantan Panglima ABRI era orde baru itu untuk menghadiri kampanye terbuka Partai Hanura di Stadion Goentoer Darjono (GD).  Sekitar 4 ribu massa partai itu memadati stadion GD tersebut.

Di bagian lain Wiranto mengatakan, persoalan yang muncul bertubi-tubi di Indonesia karena pengelola negara tidak fokus dalam menjalankan tugasnya. Dalam menjalankan tugasnya, pengelola banyak kesrimpung (terjerat) keinginan keinginan lain.

“Itu karena banyak birokrat merangkap jadi pengurus partai politik. Sehingga menggangu tugas pokoknya sebagai abdi masyarakat. Seharusnya, setelah menduduki jabatan birokrasi, loyalitas kepada parpol harus disudahi, diganti loyalitas sepenuhnya kepada rakyat,” tegas

Diawal masa reformasi, atas tuntutan reformasi, Wiranto menghentikan peran sosial politik ABRi alias dwifungsi ABRI. Tapi justru di era reformasi, dwifungsi birokrasilah yang tumbuh dan berkembang.

Setelah menduduki jabatan birokrasi, para pengelola beramai-ramai bergabung dan menjadi pengurus partai politik. Walhasil, tidak sedikit pekerjaan yang tidak tuntas. Lebih parah lagi, banyak deviasi yang mendorong banyak orang memburu sumber daya politik lewat birokrasi.

“Terbukti sekarang, dari 34 propinsi, 18 gubernur terjerat kasus korupsi. Dari 494 kabupaten kota. 138 bupati walikota terjerat korupsi. itu prosentasi yang sangat besar,” ujarnya.

Wiranto berharap gerakan moral dengan mengedepankan hati nurani bisa berkembang di negeri ini. Karena pimpinan dari partai manapun, bila selalu menggunakan hati nurani akan berada di jalan yang benar. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.