‘Ngganduli’ Gunung Slamet, Warga Karangbanjar Masak Sayur Gandul

masak GandulPURBALINGGA (BanyumasNews.Com)   – Puluhan warga desa Karangbanjar kecamatan Bojongsari Purbalingga (Jateng) memasak buah gandul (pepaya), Minggu (16/3/2014). Buah gandul yang belum matang itu dibikin oseng dan lodeh. Khusus lodeh, warga mencampurkan so (daun melinjo). Selain oseng dan lodeh gandul, warga juga menggoreng telur.

Untuk memasak, warga menggunakan tungku dari batu yang dijajar di halaman rumah salah seorang warga. Buah gandul  dikupas dan dipotong-potong di tempat itu juga. Termasuk merajang lombok, bawang, dan nguleg bumbu-bumbu lainnnya.

Selanjutnya bahan gandul dan bumbunya dimasak diatas tungku dengan menggunakan kayu bakar. Tidak lebih dari 30 menit, oseng gandul, lodeh gandul dan telur dadar sudah siap dihidangkan. Didahului pembacaan doa permohonan selamat oleh tokoh agama setempat, oseng dan lodeh gandul itu disantap bersama.

“Ini tradisi ritual masyarakat Jawa dalam memohon kepada Gusti Allah agar dihindarkan dari bilahi (mara bahaya),” tutur kades Karangbanjar, Ahmad Sobari, Minggu (16/3/2014).
Ritual masak oseng dan lodeh gandul  massal itu terkait status waspada gunung Slamet. Warga berharap status gunung itu tidak meningkat menjadi  siaga atau awas.

“Yang dimasak buah gandul. Maksudnya, ngganduli supaya status gunung Slamet tidak meningkat menjadi siaga atau awas,” ujar Sobari. Sedang telur yang digoreng mengungkapkan harapan agar lahar gunung Slamet hanya meleleh sehingga tidak meletus.

Tokoh masyarakat Karangbanjar, Maryoto menambahkan, ritual semacam itu sudah beberapa kali dilakukan warga desa Karangbanjar. Ritual itu, menurutnya hanya semacam sisipan, dan karenanya tidak wajib.

“Soal bikin oseng gandul itu hanya buat hiburan saja. Yang utama memohon kepada allah agar diberi keselamatan,” tegasnya. (BNC/tgr)

makan bersama sayur gandul masak gandul2 masak Gandul3

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.