Habisi Nyawa Kekasih Gelap, Dituntut Penjara Seumur Hidup

terdakwa Yogi
terdakwa Yogi

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Yogi Prasetya dihukum penjara seumur hidup, dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga, Kamis (13/3). JPU yang terdiri dari Febrianti Primaningtyas SH dan Adenelah Harto SH menilai Yogi terbukti menghabisi nyawa  Ari Dwi Restiana alias Ari, kekasih gelap terdakwa.

Jaksa menuduh Yogi menghabisi Ari, warga Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet Purbalingga, karena kekasih gelapnya itu tidak berhasil menggugurkan kandungan. Padahal Yogi sudah mengeluarkan uang hingga Rp 900 ribu. Tapi kandungan Ari yang baru 3 bulan tidak bisa digugurkan.

Yogi menghabisi nyawa Ari pada Kamis 22 Agustus 2013, sekitar pukul 12. Pembunuhan itu terungkap setelah mayat korban ditemukan warga di sebuah bak mandi di kawasan bumi perkemahan Munjuluhur, Kecamatan Bojongsari, Senin (26/8). Anggota Satreskrim Polres Purbalingga berhasil meringkus Yogi di tempat persembunyiannya di Tangerang, seminggu kemudian.

“Pelaku menghabisi korban dengan batu yang diambil dari sekitar lokasi dan menggunakan pisau dapur yang dibeli di pasar,” tutur jaksa dalam surat dakwaannya.
Jaksa juga menuduh tindakan pelaku merupakan pembunuhan berencana. Pelaku dijerat dengan pasal 340 KUHP, pasal 339 KUHP, pasal 365 ayat (3) KUHP jo pasal 65 ayat (1) KUHP.

Sidang dipimpin ketua majelis hakim Martin Helmi SH MH dan anggota anggota Vilia Sari SH MKN dan Mohammad Nur Azizi SH. Terdakwa didampingi penasehat hukum Pahotma Butarbutar SH.

Seperti diberitakan sebelumnya, penemuan mayat perempuan tanpa identitas di area bumi perkemahan Munjulluhur, Desa Karangbanjar, Kecamatan  Bojongsari, Senin (26/8/2013) siang sempat menggemparkan warga. Mayat korban ditemukan di dalam bak mandi WC nomor dua yang sudah tidak terpakai. Korban ditemukan dalam keadaan membusuk. Mayat tersebut pertama kali ditemukan oleh Tofik Hidayat (13) warga Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara, Minggu (25/8) siang. Namun saksi baru memberi tahu penemuan mayat itu pada penjaga buper sehari berikutnya. Penjaga Buper Munjulluhur, Ebit Priyanto (27) yang mendapat laporan dari anak-anak tersebut lalu mengecek kebenarannya. Setelah dipastikan ternyata ada mayat perempuan, ia lalu melapor ke Polsek Bojongsari perihal penemuan mayat tersebut.

Atas kasus penemuan mayat itu, polisi bergerak cepat dan akhirnya berhasil mengungkap pelaku. Tersangka Yogi dibekuk di Tangerang saat berada di pelarian (28/8/2013). (

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.