Gunung Slamet ‘Waspada’

Gunung Slamet terlihat mengeluarkan asap pada Senin (10/3) sore.
Gunung Slamet terlihat mengeluarkan asap pada Senin (10/3) sore.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Menyusul terjadinya aktivitas Gunung Slamet (3.432 m dpl), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM meningkatkan status gunung itu dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II). Aktivitas gunung tertinggi di Jateng itu ditandai dengan peningkatan jumlah gempa hembusan dan semakin tebal serta tinggi asap hembusan.

“Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental maka terhitung tanggal 10 Maret 2014 pukul 21:00 WIB status kegiatan G. Slamet dinaikkan dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II),” tulis rilis Badan Geologi seperti yang diunggah pada website : www.vsi.esdm.go.id.

Dalam rilis tersebut disebutkan, berdasar pemantauan secara visual dilakukan dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Slamet yang terletak di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari yang berjarak sekitar 10 km dari puncak, Kabupaten Pemalang. Hasil pemantauan secara visual sejak tanggal 1 Maret 2014 adalah sebagai berikut : Tanggal 1-7 Maret 2014, Cuaca terang-mendung, angin tenang. Gunung tertutup kabut 0I-0III, pada saat tampak teramati asap putih tipis-tebal setinggi 25-600 m dari puncak. Hujan gerimis-deras.

Tanggal 8-10 Maret 2014 (hingga pukul 18:00), Cuaca terang-mendung, angin tenang. Gunung tertutup kabut 0I-0III, pada saat tampak teramati asap putih tipis-tebal setinggi 25-1000 m dari puncak. Hujan gerimis-deras.

Hasil rekaman kegempaan sejak tanggal 1 Maret 2014 adalah sebagai berikut : Tanggal 1-7 Maret 2014: 1209 kali Gempa Hembusan, 4 kali Gempa Vulkanik Dangkal (VB), 1 (satu) kali Gempa Vulkanik Dalam (VA). Tanggal 8-10 Maret 2014 (hingga pukul 13:00): 441 kali Gempa Hembusan, 9 kali Gempa Vulkanik Dangkal (VB).

Sehubungan dengan peningkatan status tersebut, maka Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan meningkatkan pemantauan secara intensif guna melakukan evaluasi kegiatan G. Slamet dan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat.

Status kegiatan G. Slamet akan dinaikkan/diturunkan jika terjadi peningkatan/penurunan aktivitas vulkanik. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.