Unik, Pemilihan Ketua RW di Kedungmenjangan

pemilihan ketua RWPURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Di wiliayah RW I Kelurahan Kedungmenjangan Purbalingga terpampang spanduk bertuliskan sugeng rawuh mayuh pada nyoblos jagoane dewek-dewek, kiye jagoanku, endi jagoane rika, menang kalah ora masalah (Selamat datang, ayo mencoblos jagoan sendiri, ini jagoanku, mana jagoanmu, menang kalah tidak jadi masalah_red).

Hari Minggu (9/3) warga RW 1 menggelar pesta demokrasi berupa pemilihan Ketua RW, Uniknya, mekanisme pelaksanaan pemilihan Ketua RW tersebut mirip dengan pelaksanaan Pemilihan Anggota DPD/DPR RI/DPRD Propinsi/DPRD Kabupaten.

Ketua Panitia, Samingin, mengatakan, panitia sengaja mengemas pemilihan seperti ini dan menyelenggarakan pawai keliling wilayah RW sebelum coblosan. Tema yang diusung bertujuan supaya warga mengingat dan harus sering menggunakan bahasa daerah dan akan hadir di tempat pemungutan suara (TPS) serta merasakan suasana seperti Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Cara seperti ini adalah untuk membuka ingatan dan merupakan cara belajar bagaimana proses pemilihan umum dilaksanakan. Selain itu, kita juga sebentar lagi akan menggelar Pileg dan Pilpres,” ujar Samingin.

Dalam pemilihan kali ini, seluruh warga RW 1 Kelurahan Kedungmenjangan yang meliputi 5 RT melaksanakan pemilihan secara langsung dengan cara mencoblos nama dan gambar salah satu calon yang dipilihnya.Jumlah pemilih yang mencoblos 500 orang terdiri dari pria dan wanita yang telah mempunyai hak pilih.Memang tidak semua warga ikut mencoblos,masing-masing RT mewakilkan satu orang untuk menjadi kandidat ketua serta mendaftarkan 100 orang pencoblos. Penomeran kandidat sesuai nomer urut RT yakni Basirun wakil dari RT 1, Edi Purwito RT 2, Ahmad Zaenudin RT 3, Daslam RT 4 dan Junaedi RT 5.

“Mekanismenya sama seperti pelaksanaan pileg, kandidat merupakan hasil keputusan rapat warga RT” katanya.

Samingin mengungkapkan kebanggaannya. Pasalnya, ditengah-tengah acara coblosan, Ketua KPU Purbalingga Sri Wahyuni didampingi anggota Relawan Demokrasi (Relasi) Ryan Rachman dan Umang Sumarsono hadir memberikan sosialisasi.

“Atas nama panitia, saya mengucapkan terima kasih kepada rombongan yang berkenan mampir dan memberikan pencerahan kepada warga,”ungkapnya.

Ketua KPU Sri Wahyuni menuturkan, kami memang tidak sengaja melewati RW 1, sebenarnya kami akan memberikan sosialisasi pemilu kepada para karyawan pabrik di Mewek.Melihat kegiatan ini, kami jadi tertarik untuk berhenti dan ikut memberikan sedikit sosialisasi.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, saya berikan apresiasi yang tinggi kepada warga RW 1.Semoga dapat dijadikan contoh bagi warga lainnya. Sebab, ini sebagai pembelajaran kepada masyarakat dalam menghadapi Pileg dan Pilpres,”katanya.

Sementara itu Nurul Khalidah mengungkapkan, kegiatan ini sangat berarti bagi masyarakat,khususnya pemilih pemula dan para orang tua lanjut usia.

“Tahun ini saya pertama kali mencoblos, jadi tambah pengetahuan.Apablagi ada doorprize untuk pencoblos yang hadir,”ungkapnya.

Untuk hasil pemilihan, terpilih dengan suara terbanyak adalah Ahmad Zaenudin RT 3 (186 suara), kemudian urutan dibawahnya Daslam RT 4 (99 suara), Basirun RT 1(82 suara), Junaedi RT 5 (44 suara) dan Edi Purwito RT 2 (40 suara). Jumlah Pemilih hadir 453, surat suara sah 451 dan tidak sah 2. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.