PT Pertamina Bantu Program PKBL

Bupati Banjarnegara Sutejo Slamet Utomo  meresmikan gedung PAUD dan gedung PKD di  Desa Karangnangka,Pagentan, Banjarnegara
Bupati Banjarnegara Sutejo Slamet Utomo meresmikan gedung PAUD dan gedung PKD di Desa Karangnangka,Pagentan, Banjarnegara

BANJARNEGARA – Lima Desa di Kecamatan Pagentan yaitu Desa Nagasari, Aribaya, Larangan, Gumingsir dan Karangnagka secara resmi menerima bantuan melalui kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dari PT. Pertamina Persero yang difasilitasi dari Flimdianmas Jawa Tengah.  Bantuan kegiatan secara resmi diterima Bupati dalam acara peresmian dan penyerahan hasil kegiatan PKBL dari PT. Pertamina Persero dibalai Desa Karangnagka Kecamatan Pagentan

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut peruntukannya  di gunakan untuk  berbagai kegiatan pembangunan seperti Pembangunan gedung paud, Gedung PKD, Pengelolaan hasil salak dan banguan alat vacuum frying dan genset.

“Salak merupakan salah satu hasil perkebunan di Kecamatan Pagentan sehingga bantuan peralatan tersebut sangat tepat,” kata Kepala  KPMD Imam Purwadi saat memberikan laporan.

Selain peralatan pengelohan salak, melalui dana alokasi PKBL Pertamina juga di bangun saluran irigasi, jalan rabat beton, sarana air bersih, pembangunan jamban umum serta bantuan eralatan menjahit berupa mesin jahit dan obras.

“Bantuan yang kami terima secara keseluruhan di lima desa tersebut sebesar Rp. 2.781.983.000 dan yang terserap sebesar Rp. 2.151.174.380, sisanya menurut rencana akan dikembalikan ke pihak perusahaan namun jika memungkinkan untuk pengembangan kami berharap agar sisas anggaran yang belum terserap bisa di gunakan untuk berbagai kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat,” lanjut Imam.

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengatakan indeks pembangunan manusia (IPM) Banjarnegara saat ini belum sesuai dengan harapan bahkan  masih kategori rendah  yaitu berada diurutan 33 dari 35 kabupaten kota di Jawa Tengah, dan salah satu faktornya adalah masih tingginya angka kematian bayi dan ibu melahirkan, rendahnya derajat kesehatan masyarakat karena sanitasi yang kurang mamadahi serta rendahnya pendapatan masyarakat.

“PKBL mempunyai sasaran yang tepat untuk mendukung peningkatan IPM di Banjarnegara, saya berharap program kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh pihak perusahaan  kepada desa lain di wilayah Banjarnegara,” kata Sutedjo.

Bupati menambahkan saat ini pemkab Banjarnegara telah memounai peraturan daerha tentang penanganan daerah aliran sungai (DAS), melalui perda tersebut diharapkan DAS bisa di kelola dengan baik kareanmerupakan sumber kehidupan bagi petani baik untuk pertanian mauoun perikanan.

Pemkab sendiri telah melakukan blangkah guna merealisasikan hal tefsebut dengan mencanagkan program penanaman pohon di daerah aliran sungai dengan menanam tanaman yang bisa memulihkan tangkapan air.

“saya berharap Pertamina Persero maupun BUMN yang lain bisa memberikan bantuan bibit tanaman tahunan yang mempunai manfaat ganda yaitu secara konservasi dan ekonomi seperti Aren tomohon, buah buahan, pohon karet,” lanjut Sutedjo.

Lebih lanjut Sutedjo mengatakan di Banjarnegara juga masih banyak masyarakat pedesaan yang beklum mendapatkan pelayanan air bersih. seperti di kecamatan Susukan, Purwaneara, Bawang, PAgedongan, dan Pungelan yang kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau.

Selaian itu masih juga terdapat rumah tidak layak huni yang menurut data masih terdapat 27.924 rumah.

“Saya berharap PT. Pertamina bisa membantu meringankan permasalahan tersebut melalui dana CSR,” tambahnya.

Perwakilan dari Pertamina Aris Marhendrawanto mengatakan kegiatan PT. Pertamina melalui Flimdianmas Jawa Tengah telah berlangsung selama dua tahun termasuk di Banjarnegara.

“Saya berharap bantuan ini bisa di pelihara dan dimanfaatkan dengan baik , gunakan untuk berbagai keperluan yang bisa membawa kemajuan desa,” kata Aris.

Kedepan pihaknya juga berharap bisa meindaklanjuti harapan dari pemkab Banjarnegara terkait dengan berbagai permasalahan yang ada melalui dana CSR.

“Jika melihat permasalahan yang ada,  harapan kami perusahaan bisa ikut merealisasikan keinginan dari masyarakat Banjarnegara dengan  memberikan bantuan melalui dana CSR,” pungkas Aris. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.