PNS Kebumen Dilarang Gunakan Elpigi Tabung 3 Kg

Gas LPG 3 kilogramKEBUMEN  – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kebumen (Jateng) diminta tidak menggunakan  LPG tabung 3 kg. Himbauan tersebut tersebut disampaikan  Sekda Kebumen sebagai upaya  agar penggunaan LPG tabung 3 kg  sesuai peruntukan dan untuk menjamin ketersediaan barang  di pasaran.

Dalam surat edaran Sekda Kebumen tanggal 17 Februari 2014, Nomor : 540/0263/ 2014 tentang  larangan penggunaan  LPG tabung 3 kg disebutkan  berdasarkan  ketentuan  yang mengatur  pendistribusian dan sasaran  pengguna  LPG  tabung 3 kg disebutkan  kriteria  rumah tangga  pengguna  LPG 3 kg  yaitu  yang mempunyai  penghasilan  tidak lebih dari Rp. 1,5 juta per bulan,dengan dibuktikan melalui slip gaji atau pengeluaran tidak lebih  dari Rp 1,5 juta per bulan atau  dengan surat  keterangan tidak mamapu dari desa/kelurahan setempat. Untuk itu Sekda  menekankan kepada  PNS  selain dengan kriteria tersebut, agar tidak  menggunakan elpigi tabung 3 kg.

Ketentuan pendistribusian  dan sasaran  pengguna  LPG  tabung 3 kg diatur  melalui Perpres RI nomor 104 tahun 2007 tentang penyediaan, pendistribusian dan penetapan  harga LPG tabung 3 kg,  yang ditindaklanjuti dengan PERMEN ESDM nomor  26 tahun 2009 tentang  penyediaan dan pendistribusian LPG.

Sementara  Kasubag Bina Produksi Produksi Bagian Perekonomian  Liftyawati Anggraeni,SE menyampaikan larangan  penggunaan elpigi tabung 3kg juga disampaikan kepada pelaku usaha restoran  dan hotel. Tentunya  bagi mereka yang memiliki modal usaha di atas Rp 50 juta rupiah, diluar  modal tanah dan bangunan.

Disampaikannya himbauan  PNS tidak menggunakan elpigi 3 kg dilatarbelakangi  adanya kondisi di mana persediaan elpigi 3 kg di pasaran yang  kian  susah dicari, karena tidak berimbangnya  antara persediaan dengan permintaan pasar.  Penyebabnya dimungkinkan karena penggunaan LPG 3 kg yang tidak tepat sasaran  atau karena adanya kenaikan  harga elpigi 12 kg. (BNC)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.