Desa Tercepat Pelunasan PBB Terima Penghargaan

Bupati Sukento menyerahkan penghargaan kepada desa dan kecamatan yang telah lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2013
Bupati Sukento menyerahkan penghargaan kepada desa dan kecamatan yang telah lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2013

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Sejumlah desa dan  kecamatan di Kabupaten Purbalingga yang tecepat dalam pelunasan pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2013, menerima penghargaan dari Pemkab Purbalingga berupa piagam, uang tunai dan barang berharga lainya.

Penghargan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto saat acara Launching Pengalihan Pengelolaan Pemungutan PBB-P2 Tahun 2013 Se-Kabupaten Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Kamis (6/3).

“Kami secara pribadi maupun mewakili Pemkab Purbalingga, mengucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi yang telah dicapai oleh kelurahan/desa/kecamatan dalam merealisasikan pemungutan PBB untuk sector pedesaan serta perkotaan tahun 2013 tepat pada waktunya,”tutur Sukento.

Bupati Sukento juga berharap agar prestasi yang telah dicapai untuk dipertahankan serta ditingkatkan lagi, serta untuk menerima pengalihan pengelolaan pemungutan PBB-P2 dengan dukungan dari semua pihak.

“Kami sadar bahwa tugas para pengelola pajak tidaklah ringan, yang melayani kurang lebih 558.000 wajib pajak yang ada di Kabupaten Purbalingga. Dibutuhkan kesabaran, ketelatenan serta keikhklasan dalam pelayannya, sehingga akan membuahkan hasil lunasnya PBB-P2 disetiap tahunnya,”harapnya.

Berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan retribusi Daerah, maka pengelolaan PBB sector Perdesaan dan Perkotaan secara otomatis beralih dari pemerintah pusat kepada pemerintah Kabupaten/Kota.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Kekayaan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Purbalingga Yanuar Abidin mengatakan tujuan dari kegiatan launching PBB-P2 tersebut untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat Purbalingga, para wajib pajak serta seluruh stake holder, bahwa pengelolaan, dan pemungutan PBB-P2 telah beralih dari pemerintah pusat ke pemkab.

“Dengan adanya pengalihan ini, maka secara otomatis kegiatan pendaftaran, pendataan, penilaian, penetapan pelayanan penagihan dan pengawasan dikelola oleh Pemkab Purbalingga terhitung sejak 2 Januari 2014 lalu,”kata Yanuar.

Yanuar menuturkan pemberian hadiah dan penghargaan tersebut dalam rangka untuk memberikan motivasi serta dorongan kepada aparat kelurahan, desa, kecamatan dan pemungut PBB-P2 untuk lebih optimal, sehingga dapat lunas tepat pada waktunya.

Atas prestasi dan jerih lelah tersebut, kata Yanuar diberikan hadiah berupa uang tunai bagi wajib pajak PBB-P2 yang pelunasanya sebelum atau tepat jatuh tempo di wilayah masing-masing, dan bagi yang pelunasan pajaknya paling cepat dengan urutan ranking satu sampai tiga selain mendapatkan uang tunai juga mendapatkan piagam dan hadiah berupa barang.

Acara launching dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga Tasdi, Sekda Purbalingga, Imam Subijakto, Para Kapala DPPKAD se-Balingmascakeb, Asisten Sekda, Kepala Dinas/Kantor/Bagian/Kantor, Camat Se-Kabupaten Purbalingga dan para Kepala Kelurahan/Kades se-Kabupaten Purbalingga.

Berikut daftar ranking pelunasan PBB Tahun 2013 desa/kelurahan, kecamatan Kabupaten Purbalingga, untuk tingkat desa dengan realisasi pajak sebesar Rp 35 Juta ranking I Desa Brecek Kecamatan Kaligondang, ranking II Desa Darma Kecamatan Kertanegara.

Untuk pajak dengan realisasi Rp 35 Juta sampai dengan Rp 50 Juta ranking I Desa Galuh Kecamatan Bojongsari, ranking II Desa Bungkanel Kecamatan Karanganyar, realisasi Rp 50 Juta sampai dengan Rp 65 Juta ranking I Desa Karangreja Kecamatan Karangreja, ranking II Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja.

Realisasi pajak Rp 65 Juta sampai dengan Rp 80 Juta ranking I Desa Serang dan menjadi tercepat dalam pelunasan, seadngkan ranking II Desa Pesunggingan Kecamatan Pengadegan, serat untuk realisasi pajak Rp 80 Juta keatas ranking I Desa Panican Kecamatan Kemangkon, ranking II Desa gemuruh Kecamatan Padamara.

Untuk tingkat kecamatan dengan realisasi pajak Rp 750 Juta ranking I Kecamatan Karangjambu, II Bobotsari, III Pengadegan, IV Karangreja V Kemangkon, dan untuk realisasi Rp 750 Juta keatas ranking I Kemangkon, II Bukateja, II Kaligondang, IV Padamara V Purbalingga.

Dalam acara tersebut Bupati Purbalingga memberikan penghargaan dan hadiah kepada para desa kecamatan yang lunas dan tepat waktu serta melakukan pembayaran PBB-P2 Tahun pajak 2013 secara on line.(BNC)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.