USAID PRORITAS Gelar Unjuk Karya

Salah stu kelompok peserta saat tampil pada unjuk karya keberhasilan sekolah mitra USAID Purbalingga di Pendopo Dipokusumo, Selasa (4/3).
Salah stu kelompok peserta saat tampil pada unjuk karya keberhasilan sekolah mitra USAID Purbalingga di Pendopo Dipokusumo, Selasa (4/3).

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Sebagai wujud focus dalam bidang pendidikan, United Sates Agency for International Defelopment  (USAID) Prioritizing Reform, Innovation, and Oportuniteis for Reaching Indonesia’s, Aministrator’s, and Studients (PRIORITAS)  mengelar unjuk karya keberhasilan sekolah mitra USAID Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Komplek Rumdin Bupati Purbalingga Selasa (4/3).

Unjuk karya menampilkan pameran serta unjuk demontrasi siswa dari 16 SD/MI, SMP/MTs mitra binaan dari USAID PRIORITAS mulai dari berbagai kreatifitas siswa, aneka kerajinan, serta gelar tarian serta pemberian penghargaan bagi sekolah terbaik penerapan program USAID PRIORITAS Tahun 2014 siswa SD/MI.

“Kegiatan yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Purbalingga ini baru beberapa bulan yang lalu, belum banyak yang dihasilkan oleh anak-anak, tapi bagi kami ini awal yang bagus serta menggembirakan dalam rangka mendorong sekolah-sekolah menjadi mitra dan dijadikan sekolah rujukan bagi sekolah lain,” pinta Hari Priyadi Ketua PC USAID PRIORITAS Provnsi Jawa Tengah saat mendampingi Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto serta pejabat pemkab pada pembukaan Lokakarya Keberhasilan Program USAID PRIORITASA Kabupaten Purbalingga Tahun 2014.

Hari menuturkan focus kegiatan USAID PRIORITAS adalah bukan hanya bagi para siswa saja, namun juga menuntut peran para guru di lingkungan kelas sebagi bahan penunjang pelaksanaan kurikulum 2013.

“Lembaganya focus pada perubahan guru lingkungan kelas agar berperan serta mampu merancang kegiatan yang menantang anak didik untuk berbuat dan berpikir serta menjadi fasilitator. Selain itu juga mampu membuat lingkungan kelas khususnya para siwa bisa duduk dalam kelompok serta dapat bekerja secara kooperatif, serta siswa mampu membuat pajangan hasil karya,”tuturnya.

Melaui USAID PRIORITAS kata Hari, pihaknya akan melaksanakan focus perubahan para siswa melalui kegiatan yang bervariasi, learning by doing, mengembangkan kecakapan hidup.

Selain focus perubahan bagi siswa dan guru lingkungan, juga melakukan focus perubahan peran kepala sekolah serta pengembangan professional agar kepala sekolah mampu mendorong perubahan, menunjang pengembangan professional guru.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto dalam sambutanya mengatakan, adanya program USAID PRIORITAS yang telah berlangsung melalui pelatihan serta pendampingan di Purbalingga diharapkan mampu membantu  pemkab dalam rangka meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas.

“Selain sebagai akses pendidikan yang berkualitas, diharapkan juga mampu meningkatkan derajat social ekonomi masyarakat banyak,”pintanya.

Kento juga juga berharap agar USAID dapat mengembangkan pola pendidikan yang lebih baik dan berkualitas, mudah dipahami oleh guru serta anak didik. Selain itu pelatihan manajemen pendidkan juga sangat perlu untuk mengelola  suatu sekolah agar menjadi sekolah yang berkualitas, mampu mengahsilkan anak didik yang cerdas serta bias melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam acara Unjuk Karya Program USAID PRIORITAS Kabupaten Purbalingga Tahun 2014  demontrasi para siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Tangkisan Kecamatan Mrebet menampilkan permainan Gabil Basing (garis bilangan batang singkong) yaitu penyelesaian soal matematika dengan batang singkong denagn konsep penjumalahan, perkalian, pengurangan dan pembagian bilangan positif dan negatif.

Sedangkan para siswa kelas tujuh SMPN 2 Kemangkon mendemontrasikan pembuatan  pupuk organic berbahan urine hewan, bekatul, air, gula sebagai tuntutan kebutuhan akan kebutuhan pupuk organic untuk tanaman sayur mayur yang semakin diminati oleh masyarakat.

Sekolah terbaik dalam penerapan program USAID PRIORITAS Tahun 2014 tingkat SD/MI adalah terbaik I MI NU 02 Tangkisan Kecamatan Mrebet, terbaik II SDN 1 Panican Kecamatan Kemangkon, Terbaik III SDN1 Karangkemiri Kecamatan Kemangkon dan terbaik IV SDN 1 Bakulan Kecamatan Kemangkon.

Untuk tingkat SLTP terbaik I SMPN 2 Kemangkon, terbaik II SMPN 3 Mrebet, tebaik III MTs NU Penican Kecamatan Kemangkon dan terbaik ke IV SMPN 3 Kemangkon. (BNC)

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.