Tertipu Lotere Palsu, Pria India ini Tempuh Jarak 1.700 KM untuk Ambil Hadiah

“Si penelepon mengaku sebagai “Perwakilan BBC”. Ia berbicara dengan sopan. Ia menjanjikan uang banyak padaku, tapi sebelumnya aku diminta mengirimkan uang sebesar 12.000 rupee untuk biaya mencairkan hadiahku ke rekening RBI (Reserve Bank of India, bank nasional di India),” katanya bercerita.

Sayang, Ratan Kumar sudah lama menganggur sehingga ia sama sekali tak punya uang. Jangankan sebesar yang diminta si penipu, untuk keperluan sehari-hari dirinya beserta istri dan ketiga anaknya saja ia harus bekerja serabutan terlebih dahulu.

Maka ia pun berkata terus terang bahwa dirinya seorang miskin dan tidak punya uang sama sekali. Sampai beberapa kali menelepon, akhirnya si penipu menurunkan “uang administrasi” menjadi 4.000 rupee saja. Namun jumlah itu pun masih terlalu besar bagi Ratan Kumar.

“Aku lalu menawarkan, ‘kurangi saja 4.000 rupee itu dari uang hadiahku, lalu sisanya kirimkan padaku.’ Tapi mereka bilang hal itu tidak mungkin,” sesal Ratan Kumar sembari menambahkan ia terakhir kali berhubungan dengan kelompok penipu tersebut pada November tahun lalu.

Kirim Surat
Ratan Kumar seorang yang gigih. Merasa dirinya bakal memperoleh uang banyak, ia pun mencoba segala upaya untuk meyakinkan “perwakilan BBC” yang telah meneleponnya bahwa ia benar-benar tak punya uang untuk membayar “biaya administrasi” pengambilan hadiah. Ia lalu mengirim surat dan menceritakan perihal kemiskinan dan kondisi keluarganya. Di dalam surat tersebut juga dijelaskan bahwa ia tinggal di sebuah desa yang terletak di pinggiran hutan.

Ketika kemudian si penipu meneleponnya lagi, Ratan Kumar menceritakan bahwa ibunya baru saja meninggal. Orang yang mengaku sebagai “perwakilan BBC” tersebut lalu menanyakan apakah ia sudah menerima hadiah yang mereka kirim melalui kantor perwakilan BBC di New Delhi.

Itulah alasan kenapa kemudian Ratan Kumar nekat menempuh perjalanan sejauh 1.700 km lebih dari Odisha ke New Delhi. Ia berniat mengambil “hadiah” yang dijanjikan padanya. Tentu saja ia tak mendapat apa-apa kecuali kenyataan bahwa dirinya telah dikerjai sekelompok penipu. (bbc)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.