Jalur Purbalingga – Pemalang Tertimbun Longsor

Bencana tanah longsor sempat menutup jalur Purbalingga - Pemalang di wilayah Kecamatan Karangreja, Purbalingga.
Bencana tanah longsor sempat menutup jalur Purbalingga – Pemalang di wilayah Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Bencana tanah longsor juga menimbun ruas jalan utama yang menghubungkan wilayah Purbalingga – Pemalang. Longsor terjadi disekitar perbatasan Desa Karangreja Kecamatan Karangreja dengan Desa Belik Pemalang, Sabtu (1/2) malam.

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga bergerak cepat dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran dan mendatangkan loader untuk menyingkirkan timbunan tanah. Setelah arus lalu-lintas terputus total, ruas jalan itu kembali lancar pada sekitar pukul 4.30 Minggu (2/2) pagi dini hari.

Sementara, di desa/kecamatan Karangjambu, satu rumah tertimbun tanah longsor pada Sabtu malam. Dan di desa Pengadegan lima rumah roboh diterjang angin kencang.

Longsor Karangjambu terjad di Dusun Bandingan Desa/Kecamatan Karangjambu. Sebuah rumah milik Jasno (30) warga RT 17 RW 6 tertimbun material.  Longsor juga menyebabkan kaki Jasno terjepit material rumah dan membuat kaki bengkak.
Longsor juga mengakibatkan rumah milik Gunawan Adi di RT  20 RW 6 kadus 3 Gombong tertimbun longsoran. Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau. Pemilik rumah sudah mengungsi terlebih dahulu sebelum kejadian terjadi.

Camat Karangjambu, Momot Prabowo mengatakan, untuk menghindari korban jiwa, 51 KK yang terdiri atas 250 jiwa sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman oleh perangkat desa dan aparat terkait. Banjir juga terjadi di desa tersebut. Air setinggi 50 centimeter merendam komplek kantor kecamatan akibat sungai di belakang kantor tersebut meluap. Selain itu, tiga ekor kerbau terbawa  aliran air yang deras. (BNC/Tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.