Gempa Kebumen Ternyata Sebesar 6,2 Skala Richter

gempa kebumen, kebumen gempa, gempa, kebumenBanyumasNews.com – Gempa Kebumen ternyata tidak sebesar 6,5 SR. Informasi terbaru dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan gempa yang berpusat di 104 Km barat daya Kebumen tersebut sebesar 6,2 SR.

“Setelah menerima laporan dari berbagai stasiun pemantauan, update per jam 12.38 WIB, informasi magnitude 6,2 SR posisi di 8.22 LS-109.22 BT dengan kedalaman 79 km,” demikian penjelasan Novita, salah satu petugas ruang operasional gempa BMKG, Jumat (25/1).

Menurut Novita, setelah gempa pertama terjadi 4 kali gempa susulan dengan magnitude berbeda-beda. Namun demikian gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami karena magnitude-nya masih di bawah angka 7.

“BMKG tidak memperingatkan adanya peringatan tsunami,” kata Novita.

Meski demikian goncangan gempa Kebumen juga terasa hingga berbagai daerah lain di Pulau Jawa. Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan BanyumasNews.com, kota terjauh yang ikut merasakan dampak gempa adalah wilayah Kabupaten Malang.

Di Yogyakarta, gempa terasa dua kali. “Yang pertama kecil, yang kedua sedang, rasanya seperti digoyang-goyang,” kata Hamidi, seorang mahasiswa yang tinggal di Jl. Kusumanegara, kepada BanyumasNews.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.