Pepadi Banyumas Tagih Janji Bupati

BANYUMAS-Seniman Pedalangan di Banyumas mengeluhkan dana anggaran yang dijanjikan bupati untuk Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Banyumas hingga kini belum turun. Padahal sejumlah program kegiatan kini sudah sudah mulai dilaksanakan.

” Kami ini sudah mengumumkan dan menyosialisasikan akan digelarnya sejumlah kegiatan seperti Festival Dalang,Pentas dalang di RRI, Dalang Masuk Sekolah, Ruwatan dan banyak lagi.Mereka kini sedang getol getolnya latihan untuk ikut dalam kegiatan tersebut. Kalau ternyata dana nantinya tidak turun,mau ditaruh dimana muka kita,” ujar Soediro Wirjodihardjo, Wakil Ketua Pepadi Banyumas kepada BanyumasNews.Com (BNC) via telp Minggu (06/12).

Menurut Soediro, kepada Ketua Pepadi Banyumas Sungging Suharto,bupati bernah berjanji bahwa akan mengalokasikan dana Rp 100 juta untuk kegiatan Pepadi. Karena akan dikucurkannya dana itulah, maka Pepadi kemudian mengagendakan sejumlah kegiatan.

Bahkan karena dana belum turun,beberapa waktu lalu saat pentas dua dalang di RRI Purwokerto, Pepadi harus menggunakan dana talangan pribadi untuk acara tersebut.

Namun belakangan,lanjut Soediro, lebih ironis lagi, karena diperoleh informasi dari Disparbud, bahwa dana yang keluar hanya Rp 17,5 juta. ” Dana sejumlah itu tentu saja sangat tidak cukup untuk kegiatan kami,” ujarnya.

Pada masa Bupati Banyumas Aris Setiono, Pepadi yang saat itu dipimpin Drs Subur Widadi, mendapat dana Rp 75 juta. Dana tersebut sukses digunakan untuk sejumlah kegiatan. Karena makin bertambahnya item kegiatan, kini Pepadi mengusulkan dana Rp 150 juta. Setelah bertemu dengan Ketua Pepadi yang baru Sungging Suharto, pemerintah menjanjikan hanya mampu menganggarkan Rp 100 juta. Janji itupun ternyata tidak ditepati dan Pepadi hanya akan menerima Rp 17,5 juta (banyumasnews.com/mut)

3 Comments

  1. ora medot katresnan ananging aku urung bisa nutugi janjine sedulur dalang kabeh, eeeh mbok sing kene ngonoh teyeng dodolan kena nggo nutugi janjine.

  2. “gunung gunung the gawe sawah kepriwe goli mbanyoni, bingung bingung the gawe susah kepriwe goli ngakali”. gyeh dalange anane mung 17,5 juta tok sing 82,5juta esih nang pikiranane bupatine mulane gawe parikan sing nang nduwur kae. angger kemutan oten ! ari ora kemutan ya anu menungsa cokan kelinglap. janetah anu ngingetna janji ming sing akeh salah tampa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.