300 kilogram kikil berformalin disita

KEBUMEN – Tim operasi gabungan terdiri dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, Disperindang, dan Polres Kebumen, Senin (31/8) berhasil mengamankan sedikitnya 300 kilogram kikil sapi berformalin.

Ratusan kilo kikil tersebut ditemukan di rumah salah seorang pedagang daging bernama Agus Santoso (35) warga RT 02/RW 02 Desa Kalitengah, Kecamatan Gombong. Di tempat pengusaha daging ini petugas berhasil menemukan tumpukan kikil yang dibungkus dalam plastik hitam. Setelah dilakukan tes uji formalin menggunakan kit formalin ternyata positif mengandung formalin. Ratusan kilogram kikil sapi berformalin itu kemudian dibawa ke Dinas Peperla Kebumen.

“Kikil berformalin itu nantinya akan dikirim ke Balai Besar Veteriner Wates, Yogjakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kabid Kesehatan Hewan pada Dinas Peperla Kabupaten Kebumen drh Suhartilah Jumaryanti.

Ketika melakukan operasi di pasar Gombong dan pasar Tumenggungan kebumen, tim tidak menemukan daging yang bermasalah.

Dijelaskan Suhartilah, makanan yang mengandung formalin akan merusak jaringan tubuh. Seperti merusak hati, ginjal, limpa, pancreas dan otak. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menimbulkan kanker. Termasuk menimbulkan vertigo dan perasaan mual dan muntah. (banyumasnews.com/py)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.