Ribuan warga Kebumen minta droping air bersih

Droping air di prambananRibuan warga Kebumen mulai kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari khususnya memasak. Ribuan warga itu yang tersebar dalam 13 desa meminta Pemkab segera melakukan droping air di wilayahnya. Permintaan itu karena sumber mata air yang selama digunakan oleh warga sudah berkurang dratis. Bahkan, dikawasan pegunungan warga terpaksa harus mengambil berjalan puluhan kilometer untuk mendapatkan air bersih.

Salah satu desa yang sudah mengalami kesulitan mendapat air bersih itu adalah Desa Kalirejo, Kecamatan Karanggayam. Sumber-sumber mata air sudah tidak lagi mengeluarkan air. Untuk keperluan sehari-hari terpaksa memfaatkan air belik. “Sudah dua bulan ini warga memfaatkan air belik untuk mandi dan masak,” kata Kades Kalirejo, Satimin, Jumat (7/8).

Menurutnya, musim kemarau membuat 400 keluarga di Dusun Krajan, serta masing-masing sekitar 50 keluarga di Dusun Sentul, Dusun Jomblang dan Dusun Pingit, sudah kesulitan memperoleh air bersih. “Kami berharap segera ada droping air bersih,” kata Satimin yang mengakui desanya menjadi sasaran program AMPL. Namun program tersebut tidak bisa maksimal karena debit air yang diambil terlalu kecil.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Kebumen, Dirman Supardi SH mengatakan, jumlah desa di Kabupaten Kebumen yang rawan kekeringan sebanyak 91 desa yang tersebar di 16 kecamatan. Dari jumlah itu yang sudah mengajukan droping air bersih sebanyak 13 desa. Ke-13 desa itu adalah Desa Krakal, Kalijaya, Kalirancang dan Seliling di Kecamatan Alian.

Di Kecamatan Kebumen meliputi Desa Jemur, Rawareja, Argopeni, dan Tanahsari. Di Kecamatan Kutowinangun, Desa Tunjungseto, Lumbu, Triwarno dan Pekunden. “Ini baru sebagian, lainnya nanti pasti akan menyusul. Desa yang mengusulkan lebih awal akan kita prioritaskan untuk di droping air bersih,” kata Dirman. (banyumasnews.com/pyt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.