Si ‘Burung Merak’ W.S Rendra meninggal dunia

ws rendraDunia seni Tanah Air kembali berduka. Penyair, dramawan, budayawan kondang W.S Rendra meninggal dunia, Kamis (6/8) malam, sekitar pukul 22.30 WIB, di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat. Padahal ‘belum kering air mata’ melepas kepergian seniman gaek Mbah Surip yang meninggal Selasa (4/8) kemarin.

Gugus Joko Wasito, kerabat Rendra yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Survei Nusantara, melalui pesan pendek kepada wartawan, mengonfirmasikan kabar ini Kamis (6/8) malam sekitar pukul 22.35 WIB.

“Innalillahi Wainnailahi Rajiun, telah meninggal (dunia) baru saja Mas W.S Rendra di RS. Mitra Keluarga Depok, mohon didoakan, trims,” demikian isi pesan singkat Gugus kepada wartawan.

Willibrordus Surendra Broto Rendra atau populer dengan nama W.S. Rendra lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935. Namanya sangat terkenal dengan julukan ‘Si Burung Merak’. 

W.S Rendra sebelumnya sempat dirawat di RS Harapan Kita Jakarta, dan baru dua minggu mendapat perawatan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat.

Menurut keterangan, saat pemakaman Mbah Surip di Bengkel Theater, Citayam Depok, sang penyair itu sempat dibawa pulang ke rumah Kompleks Pesona Kayangan Depok. Namun W.S Rendra yang mengidap komplikasi beberapa penyakit itu harus kembali dirawat di RS Mitra Keluarga Depok.

Jenazah Rendra disemayamkan di rumah duka, di Kompleks Pesona Kayangan Depok Blok AV No. 5. Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari keluarga tentang rencana pemakaman. Namun berdasarkan informasi, saat ini juga tengah dilakukan persiapan di Bengkel Teater, Citayam, Depok, untuk menyambut jenazahnya (kapanlagi.com/ BNC)

1 Comment

  1. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un… turut berduka ataa meninggalnya Mas Rendra, seniman, teatrawan, penyair, budayawan, dan pemikir yang tak lelah mengingatkan belum tegaknya keadilan di negeri ini… Semoga arwahnya diterima di sisi Allah SWT dan meninggalnya khusnul khotimah. Amien…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.