Batalyon 412 Purworejo tangkap dua teroris

Dua orang teroris yang membawa bom dengan mengunakan mobil box disergapĀ  Tim Gultor (Penanggulangan Anti Teroris) Bataliyon 412 Raiders Kostrad Purworejo. Mobil box bernopol H-1884-SH yang disopiri Asep dan Dedy dari arah Yogya ini diduga berencana mengebom rumah dinas Bupati Purworejo di jalan Setia Budi nomor 1 Purworejo, Kamis (30/7).

Aksi kejar-kejaran dan baku tembak layaknya filmpun terjadi di jalan MJ Sutoyo. Tim Gultor berjumlah 32 personel berpakaian serba hitam ini mengendarai dua mobil PJD (Pertempuran Jarak Dekat) dan dua kendaraan BTR (Bantuan Tempur Ringan) lengkap dengan senapan mesin ringan. Itu pun masih ditambah empat sepeda motor trail dengan empat penembak jitunya.

Ketika mobil box milik teroris oleng dan berhenti di depan Kantor Dinas Pengairan, sebagian tim langsung turun dari kendaraan dan mengepung mobil box setelah sebelumnya melemparinya dengan granat asap. Dua penumpang mobil box dengan bersenjatakan AK-47 dan SS1-R5 berhasil dilumpuhkan dan dipindahkan ke kendaraan PJD untuk dibawa ke Mapolres Purworejo dalam kondisi luka parah terkena tembakan.

Sementara mobil box yang berisi bom akhirnya meledak di tempat aman tanpa korban jiwa, tidak meledak di rumah dinas bupati.

Simulasi aksi penanggulangan teroris tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim Gultor Bataliyon 412 Raiders Kostrad Kapten Infanteri Jimmy Rihi Tugu. Aksi penanggulangan teroris tersebut merupakan simulasi Tim Gultor 412 yang kedua kalinya setelah pada Sabtu pekan lalu (25/7) melakukan pelatihan yang sama di ruang tertutup Kantor Telkom Purworejo. Dua teroris, Asep diperankan Praka Suherman sedang Dedy diperankan Kopda Oktavianus Tato dari Bataliyon 412 Kostrad Purworejo.

Menurut Jimmy, latihan tersebut merupakan latihan rutin untuk meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan aksi terorisme. Dengan latihan, Tim Gultor akan siap melaksanakan tugas sewaktu-waktu bila dibutuhkan. Tim Gultor ini beraksi bila dibutuhkan kepolisian untuk membantu penanganan teroris. Kecuali ada perintah langsung dari Panglima TNI (banyumasnews.com/pwj)

1 Comment

  1. Ya ampun tak kira beneran….tiwas dibaca gak tahunya cuman simulasi…he..he…tapi hati jadi tenang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.