PKL Kebumen akhirnya tetap boleh jualan di alun-alun

Setelah mengadu ke DPRD Kebumen, para Pedagang Kaki Lima (PKL) akhirnya tetap berjualan di seputar Alun-alun Kebumen. Audiensi ratusan PKL dengan wakil rakyat ini juga mendapat kawalan dari petugas Polres Kebumen dengan dipimpin langsung Wakapolres Kebumen.

Menurut Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Kebumen, Miftahul Ulum, karena desain penataan alun-alun adalah untuk menertibkan PKL. Jika sekarang akan rencana PKL akan direlokasi ke Jalan Mayjend Sutoyo maka harus merubah kembali DED (Detail Engineering Design) Alun-alun Kebumen.

” Kita harus tampung aspirasi itu dan kita pertahankan mereka jualan di tempat itu,” ujar Miftahul Ulum saat menerima audiensi Paguyuban Pedagang Kaki Lima (P2KL)¬† Kebumen di ruang rapat Paripurna DRPD Kabupaten Kebumen, Kamis (30/7). Menurutnya desain penataan alun-alun bisa memfasilitasi semuanya. Lokasi itu strategis, baik untuk pejalan kaki dan PKL serta fasilitas lainnya. Jika akan memindah PKL maka harus dilakukan perubahan dahulu desain awal penataan alun-alun.

Audiensi itu juga dihadiri Oleh Ketua Komisi A Heru Budianto dan Ketua Komisi D Budi Hianto serta anggota, perwakilan dari Disperindangkop, Bagian Hukum, dan Satpol PP.

Sesuai dengan Perda No. 10 tahun 2008 tentang PKL, tidak mencantumkan lokasi atau pengelompokan PKL. Termasuk Alun-alun Kebumen sah untuk lokasi jualan para PKL. Malah kalau ada rencana Pemkab Kebumen akan memindah PKL berjualan di Jalan Mayjend Sutoyo maka akan bertentangan dengan Perda No. 19 tahun 1993 tentang K3 (Ketertiban, Keindadahan, dan Kesehatan).

Ketua Komisi A Heru Budianto menambahkan, para PKL yang biasa mangkal di Alun-alun Kebumen tetap bisa menempati lokasi yang semula. Hal itu sesuai dengan kesepakatan bersama antara PKL, Dewan, dan Pemkab Kebumen ketika akan melakukan penataan Alun-alun Kebumen.

Seperti diberitakan beberapa jam yang lalu Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang tergabung dalam Paguyuban PKL Alun-alun Kebumen mendatangi DPRD Kabupaten Kebumen, Kamis (30/7), pukul 09.00 Wib. Mereka meminta perlindungan para wakil rakyat dan penertiban-pkl-gabungan-1menolak rencana Pemkab Kebumen merelokasi PKL di Jalan Mayjend Sutoyo Kebumen.(banyumasnews.com/kbm)

<berita terkait http://banyumasnews.com/2009/07/30/pkl-kebumen-datangi-dprdminta-perlindungan/

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.