Aktivitas Gunung Slamet masih aman

Masyarakat di sekitar Gunung Slamet tidak perlu khawatir, karena hingga Kamis (30/07) aktivitas gunung tersebut masih aman. Msyarakat boleh melakukan kegiatan seperti biasa. ” Tidak ada larangan warga untuk menghentikan kegiatan apalagi mengungsi,” ujar Sukedi, petugas pengamatan gunung .
Sebelumnya dalam dua hari terakhir ini aktivitas gunung Slamet mengalami peningkatan yang cukup siginifkan, karena jika beberapa waktu sebelumnya volume gempa vulkanik berkisar antara 608 sampai 630 selama 24 jam, namun beberapa hari terakhir ini jumlahnya naik menjadi 684 kali.
Meski volume gempa vulkaniknya mengalami peningkatan namun aktivitas gunung terbesar di Jawa Tengah tersebut belum mengarah pada letusan. Hingga kini meski ada kenaikan aktivitas dalam perut gunung, tetapi  statusnya masih waspada.
Sukedi menjelaskan, berdasarkan alat pendeteksi gempa yang telah dipasang volume gempa vulkanik selama 24 jam yang berhasil direkam jumlahnya mencapai 6X20 kali amplitudo milimeter. Pemantauan banyumasnews.com, sejak hari Senin (27/7) hingga Kamis (30/07) kondisi masih sama dan naiknya aktivitas GGunung Slametunung Slamet belum membahayakan warga sekitar(banyumasnews.com/pbg)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.