Ruas jalan Banjaran-Purbalingga rusak parah

Jalan Banjaran Rusak Sepanjang 3 kilometer ruas jalan desa Banjaran (Bojongsari) menuju ke jalan raya Purbalingga rusak parah. Kondisi itu sudah berlangsung sejak awal 2008 lalu dan pemerintah desa setempat sudah mengusulkan kepada pemkab untuk perbaikan. Perbaikan dijanjikan pada awal 2009, namun hingga kini belum terealisasi.

“Saya dengar kabar sudah dimasukkan ke APBD Perubahan 2009. Namun hingga kini belum terealisasi di lapangan. Kemungkinan beberapa bulan kedepan sudah mulai diperbaiki,” tutur Sekdes Banjaran, Lintang S, Rabu (29/7).

Diakuinya, warga kadang memang mengeluh kondisi jalan dengan lebar sekitar 3 meter lebih itu. Pasalnya, jalan itu merupakan akses vital warga menuju ke arah jalan raya menuju Purbalingga. Pasalnya jika sebagian warga dukuh Banjaran tidak melalui jalan itu, harus memutar hingga ke desa Patemon (Bojongsari).

Kondisi paling parah, lanjut Lintang di tanjakan setelah beberapa meter dari kantor desa. Aspal yang sudah tidak utuh ditambah batuan serta kerikil kecil yang tidak beraturan cukup menyulitkan pengendara sepeda dan motor. Kondisi itu juga diperparah dengan beberapa angkutan bermuatan berat dari pengangkut galian C.

“Jika dilihat dari waktu pengaspalan sebelumnya yaitu 2004, sebetulnya kondisinya tidak terlalu parah seperti sekarang. Kami juga hanya bisa mengusulkan ke pemkab dan menunggu waktu realisasi,” imbuh Lintang.

Maryoto (40) salah satu pengguna sepeda motor mengaku cukup kesulitan ketika jalan menanjak dan rusak di sebagian besar permukaannya. Padahal dirinya hampur setiap hari melalui jalan itu karena berjualan, meskipun bukan warga Banjaran.

“Kesulitan bertambah ketika barang bawaan melimpah dan membutuhkan bantuan orang lain untuk menjaganya dibelakang,” ujarnya sambil membetulkan barang bawaannya, kemarin.

Dari pantauan Radarmas, jalan itu juga sebagai lalulintas anak ke sekolah. Aktifitas ekonomi lainnya seperti berdagang dan menuju ke arah jalan utama. Bahkan sejumlah pengendara sepeda terpaksa harus menuntun sepedanya hingga puluhan meter agar bisa melewati ruas jalan itu. (banyumasnews.com/pbg)

1 Comment

  1. Aku belum parnah ke Bojongsari, tapi melihat kondisi jalan yang rusak berat aku ikut prihatin dan aku lain hari berkeinginan ke Patemon ke rumah kawanku di dunia maya HARTOYO.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.