Pasokan Turun,Harga Ikan Melambung

IKAN MAHAL: Harga ikan di Pasar Ajibarang melambung akibat pasokan berkurang (foto:nan/BNC)
BANYUMAS-Cuaca buruk dengan gelombang tinggi di perairan Indonesia mengakibatkan pasokan ikan ke sejumlah pasar menurun. Akibatnya selain ikan langka, harga juga melambung. Bahkan sejumlah pedagang memilih menutup kios sementara, menunggu hingga kondisi normal kembali.

Perdagangan ikan di sejumlah pasar yang selama ini menjadi pangsa terbesar di Banyumas Jawa Tengah seperti Pasar Wage Purwokerto dan Ajibarang Banyumas kini sepi. menyusul turunnya pasokan ikan. Kelangkaan ikan ini membuat harga terus melambung.

Sejak pertengahan Januari harga ikan di Pasar Wage Purwokerto dan Ajibarang naik rata Rp5- Rp7 ribu.

“Ikan layang misalnya, yang semula Rp17 ribu kini mencapai Rp22 ribu rupiah perkilogam. Begitu pula dengan udang rebon, ikan sanggalangit dan teri mengalami kenaikan Rp5 ribu,” ujar Nuriati, pedagang di Pasar Ajibarang.

Ikan yang selama ini dikenal paling laris berupa ikan Kacangan kini sangat sulit dicari. Meskipun ada, ikan tersebut dijual sudah sangat mahal. harga semula Rp75 ribu, kini mencapai Rp100 ribu perkilogramnya.

Menurut sejumlah pedagang, faktor cuaca buruk di perairan yang membuat nelayan tidak melaut, benar benar membuat pasokan ikan di pasar Ajibarang tak bisa stabil. Pasokan semula sehari lima kuintal, kini hanya mendapatkan satu kuintal. “ Karena jumlah yang sedikit, tak jarang kami pedagang harus berebut,” tambah Karmo,pedagang lainnya.

Akibat kelangkaan ini, puluhan kios ikan di Pasar Wage Purwokerto dan Ajibarang memilih tutup. Mereka baru akan buka lagi setelah kondisi kembali normal.

Sementara jenis ikan asin lainya juga mengalami kenaikan, seperti belakan boso dari 13 ribu menjadi18 ribu rupiah. bilis dari 6 ribu menjadi 10 ribu rupiah. aroma dari 14 ribu menjadi 20 ribu rupiah.

keterngan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.