Dindikasikan Perselingkuhan Meningkat, Penderita HIV Capai 214 Orang

Cilacap – Penderita HIV (human immunodeficiency virus) di Kabupaten Cilacap, semakin memprihatinkan. Tercatat, Hingga Mei 2010 ini sudah ada 214 orang yang positif menderita serangan penyakit retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia. Wilayah kota Cilacap, juga sebagai daerah endemis serangan HIV.

stop aidsSekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Cilacap Sarjono mengatakan,  perilaku freesex (seks bebas) menjadi salah satu sumber dari merebaknya angka HIV di Cilacap. “Ada indikasi, banyak yang suka berganti pasangan. Ini membuat resiko tinggi dalam penularan HIV,” katanya.

Berdasarkan data KPA, dari jumlah penderita 214 orang, kategori kelompok yang paling rentan tertular virus HIV adalah penjaja cinta atau para hidung belang cukup mendominasi. Namun, ada fenomena baru yang cukup mengejutkan yakni meningkatnya jumlah pengidap dari kalangan ibu rumah tangga di Cilacap. Menurutnya, ini juga diindikasikan, ada faktor perselingkuhan di Cilacap yang meningkat baik dari para ibu rumah tangga itu sendiri atau sang suami yang kerap menjalin hubungan seks dengan orang lain dan akhirnya menularkan kepada pasangannya.

Hal yang paling fatal adalah sebuah resiko yang harus ditanggung oleh keturunannya. Sehingga, jika ada seseorang yang sadar sudah tertular HIV, sebaiknya tidak merencanakan untuk mempunyai keturunan. Karena akibatnya sangat buruk bagi anaknya,” kata Sarjono sembari menambahkan ada dua anak penderita HIV yang diduga kuat dari keturunan orang tua. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.