Pengajuan KTA Ternyata Sangat Mudah dan Aman, Tapi Jangan Asal Pilih Kreditor

  1. BANYUMAS, banyumasnews.com – Perkembangan era digital yang terus berkembang membuat kemudahan di berbagai sektor, khususnya keuangan.  Salah satunya aktivitas KTA atau Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang kini banyak diminati.

KTA merupakan jenis pinjaman yang berupa kredit perseorangan yang tidak memerlukan agunan dari bank atau lembaga keuangan kepada calon debitur yang sudah memenuhi persyaratan.

Pinjaman KTA sangat memungkinkan nasabahnya untuk mendapatkan pinjaman dana tanpa harus menyertakan jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah dan sebagainya. Lalu, apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Online? Manfaatnya dan hal lainnya yang perlu diketahui?

Persyaratan Pengajuan Pinjaman KTA

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman KTA diwajibkan untuk mempunyai bukti kewarganegaraan sebagai WNI, sudah berusia paling tidak 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Kemudian, anda harus sudah punya penghasilan tetap untuk setiap bulannya paling tidak Rp2,5 juta per bulan.
Tetapi, untuk jumlah penghasilan biasanya akan berbeda-beda angka minimalnya, tergantung tempat Anda berdomisili. Selain itu, apalagi yang harus disiapkan?

Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (untuk yang sudah berkeluarga)
Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21
Cetakan rekening tabungan 3 bulan terakhir.

Juga Surat keterangan kerja dan slip gaji yang asli khusus karyawan dan professional. Menunjukkan tagihan kartu kredit terakhir (bagi yang memiliki). Memiliki salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (khusus untuk wiraswasta atau perusahaan).

Memiliki salinan izin praktik professional bagi dokter, pengacara atau professional yang lain. Kemudian salinan laporan keuangan (khusus untuk perusahaan atau wiraswasta) dan mencantumkan materai.

Manfaat Pinjaman KTA

Pinjaman KTA termasuk dalam kategori kredit konsumtif. Maka dari itu, setiap debitur akan memperoleh banyak manfaat ,diantaranya yaitu:

Bisa digunakan sebagai fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari biaya pengobatan, renovasi rumah, pendidikan, modal usaha hingga pernikahan. Anda juga bisa mengajukan kredit-kredit lainnya seperti KPR, KKB, Kartu Kredit dan masih banyak lagi.

Manfaat lainnya KTA juga bisa dilakukan kapan saja dan tidak pernah tergantung pada jam operasional dari kantor cabang karena bisa dilakukan secara online Lantas, apa saja keuntungan lain yang dapat diperoleh pada saat melakukan KTA secara online?

Lebih hemat waktu.

Mengapa lebih hemat waktu? Sederhana karena calon nasabah tidak memerlukan banyak waktu untuk melakukan transaksi. Anda hanya perlu waktu yang singkat untuk membuka situs penjual produk finansial tanpa perlu pergi kemana pun.Dapat mempelajari berbagai jenis produk lain.

Dalam waktu yang super singkat, anda bisa melihat berbagai jenis produk dari pinjaman KTA yang ditawarkan oleh berbagai bank. Dengan begitu, calon nasabah dapat leluasa mempelajari setiap produk KTA dari berbagai bank, lalu membandingkan dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Membandingkan bunga.

Melakukan pinjaman KTA secara online, Anda memperoleh keuntungan dengan membandingkan suku bunga dari setiap bank. Selepas mengetahui besaran bunga KTA dari setiap jenis bank, Anda kemudian bisa mempertimbangkan dengan baik dan benar, produk mana yang paling sesuai.

Lamanya Proses Verifikasi Pengajuan KTA dari Bank

Umumnya, kebanyakan bank akan membutuhkan waktu untuk proses verifikasi sampai dengan pencairan pinjaman KTA yang diajukan paling tidak sekitar 3 -5 hari untuk minimalnya, sementara untuk maksimal bisa mencapai 14 – 21 hari.

Sedangkan untuk jangka waktu yang diberikan untuk pelunasan atau tenor, kebanyakan bank memang menawarkan waktu pembayaran mulai dari 3 – 5 tahunan.

Sedangkan suku bunga pinjaman KTA yang umumnya akan ditawarkan oleh lembaga perbankan itu besaran angkanya bervariasi. Namun kebanyakan berada di range 10% sampai 23 %. Dalam pinjaman KTA, suku bunga terbagi menjadi dua, yaitu suku bunga tetap (fixed rate) dan suku bunga mengambang (floating rate).

Cara Menghitung Suku Bunga KTA

Adapun cara untuk menghitung suku bunga pinjaman KTA adalah sebagai berikut:

Suku bunga tetap

Baik itu kredit bunga tetap, plafon kredit sampai dengan besarannya akan dihitung secara proporsional yang disesuaikan dengan jangka waktu kredit. Nilai bunga akan tetap sama untuk setiap bulan pada pinjaman KTA, karena bunga akan dihitung berdasarkan persentasenya yang dikalikan dengan pokok pinjaman awal.  Dengan begitu, jumlah pembayaran pokok + bunga di setiap bulan jumlahnya pasti sama.

Suku bunga efektif.

Besaran bunga efektif pinjaman KTA akan dihitung berdasarkan saldo setiap akhir bulan. Bunga akan dihitung dari nilai pokok yang belum dibayar, sehingga bunga setiap bulannya pasti akan berubah-ubah berdasarkan nilai pokok yang masih menjadi utang. Nilai bunga yang dibayarkan debitur khusus untuk suku bunga efektif nilainya akan semakin mengecil untuk setiap bulan.
Sebab, bunga yang dibayar lama-lama mengecil, maka jumlah biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya juga akan terus menurun dari waktu ke waktu. Angsuran kedua umumnya akan jauh lebih kecil dari angsuran kedua, demikian sebaliknya.

Besaran Dana Pengajuan KTA

Sebab pinjaman KTA adalah fasilitas kredit yang diberikan bank tanpa harus ada agunan, maka dari itu terdapat batas plafon kreditnya dengan produk bank yang menggunakan jaminan. Kebanyakan bank akan menawarkan jumlah plafon pinjaman KTA mulai dari Rp5 juta sampai Rp300 juta.
Daftar Bank yang Menyediakan KTA

Umumnya, hampir setiap bank memiliki produk pinjaman KTA. Tetapi, Anda harus datang ke kantor cabang bersangkutan untuk bisa mengakses fasilitas tersebut. Sementara anda sudah bisa mengakses berbagai informasi seluruh KTA yang ditawarkan oleh bank secara online. Berikut ini daftar bank yang menyediakan produk KTA:

KTA Danamon
KTA Bank Permata
KTA Standard Chartered Bank
KTA CTBC Dana Cinta
KTA Bank BTN
KTA Amar Bank
KTA Panin Bank
KTA Bank Mandiri
KTA BNI
KTA BCA
KTA DBS
KTA ANZ
KTA BII Maybank
KTA Bank Bukopin
KTA Citibank
KTA HSBC
KTA Commonwealth Bank
KTA CIMB Niaga

Itulah penjelasan singkat soal produk Pinjaman KTA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. (Nanang AN. Sumber:https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.