Stasiun Purwokerto Sudah Layani Test GeNose C19, Biaya Cuma 20 Ribu

PURWOKERTO, banyumasnews.com – Stasiun Purwokerto Daop 5 Purwokerto kini sudah dilengkapi dengan pemeriksaan GeNose C19 hasil kerja sama PT KAI dengan Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Layanan itu sudah dimulai sejak Minggu (28/02/2021) lalu.

“Mulai hari ini, PT KAI (Persero) menambah empat stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, salah satunya Stasiun Purwokerto. Tiga stasiun lainnya adalah Madiun, Malang, dan Surabaya Gubeng,” kata pejabat yang melaksanakan tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Hendra Wahyono di Purwokerto, Minggu (28/2).

Menurut dia, saat ini sudah ada 12 stasiun dengan layanan GeNose. Delapan stasiun yang lebih dulu menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 adalah Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait dengan persyaratan naik kereta api jarak jauh sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 dan Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 7 Tahun 2021.

Hendra mengatakan bagi calon penumpang kereta api yang akan melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, terlebih dahulu harus memiliki tiket atau kode “booking” KA jarak jauh. Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan.

“Kalau minum air putih masih diperbolehkan,” katanya.

Tentang cara pemeriksaan GeNose, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dengan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan. Hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3×24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA jarak jauh.

Menghadapi perjalanan selama libur panjang atau libur hari raya, sampel diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum jam keberangkatan.

“Biaya pemeriksaan GeNose C19 hanya sebesar Rp20 ribu. Tes ini tidak diwajibkan bagi pelanggan di bawah usia 5 tahun,” katanya. (Nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.