Program Jateng di Rumah Saja, Bupati Banyumas Setuju

Achmad Husein

PURWOKERTO, banyumasnews.com — Bupati Banyumas Achmad Husein menyambut baik rencana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerapkan Program ‘Jateng di Rumah Saja’. Ia setuju program tersebut untuk menekan laju pertambahan warga Banyumas yang terinfeksi virus Covid-19.

Seperti diketahui Gubernur Ganjar Pranowo bakal menerapkan program “Jateng di Rumah Saja” pada pekan ini. Gubernur meminta partisipasi dari masyarakat dan dunia usaha hanya dua hari yaitu Sabtu dan Minggu besok, 6-7 Ferburari 2021, untuk tidak beraktifitas di luar.

“Hasil rapat dengan para Sekda dan alhamdulillah sebagian besar setuju. Kira-kira kita siap di tanggal 6-7 untuk melakukan gerakan di rumah saja secara bersama-sama,” kata Ganjar, Selasa (2/2/2021) di rumah dinas Gubernur.

Ganjar juga meminta partisipasi pengelola tempat wisata, tempat usaha, pemilik toko, restoran, dan pasar untuk libur. “Hanya dua hari saja tempat-tempat keramaian, pariwisata, toko, pasar, kita istirahat dulu. Nah nanti pasar-pasar kesempatan kita semprot semuanya biar sekalian bersih, tempat pariwisata juga ditutup dulu,” katanya.

Dengan tidak adanya kegiatan di luar rumah diharapkan tidak ada kerumunan. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan surat edaran terkait gerakan tersebut.

Menurutnya Ganjar, ia merasa perlu ikut memikirkan cara lain setelah presiden mengatakan PPKM gagal.¬† Makanya ia akan mencoba dengan “Jateng di Rumah Saja” dengan harapan bisa menekan kasus COVID-19 yang terus melonjak.

“Nah kita mau uji coba, coba ke masyarakat ini COVID-nya masih tinggi lho ya, korban sudah banyak lho ya, rumah sakit makin penuh lho ya, nah dengan kondisi seperti ini ayo kita bareng-bareng berpartisipasi kita latihan dua hari saja, tanggal 6-7 kita di rumah. Nah kalau itu bisa dilaksanakan eh siapa tahu Jawa Tengah bisa jadi contoh,” jelasnya.

Namun Ganjar menegaskan bahwa fasilitas umum seperti rumah sakit akan tetap bisa menerima pasien. Kemudian Ganjar juga menghimpun usulan agar dilakukan operasi gabungan saat pelaksanaan program Jateng di Rumah Saja itu. (Ist/pad)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.