Jembatan Kali Glagah Putus, Perjalanan Kereta Api Jakarta – Surabaya via Purwokerto Terganggu

 

BREBES, banyumasnews.com — Jembatan kereta api di jalur vital di Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilaporkan terputus semalam, yakni pada Senin (11/1/2021) malam sekitar pukul 21.30 wib. Jembatan yang melewati Sungai Glagah tersebut diduga putus karena tergerus banjir.

 
Jalur tersebut merupakan jalur vital Jakarta-Surabaya via Cirebon-Purwokerto-Jogja. Dengan putusnya jembatan tersebut perjalanan sejumlah kereta api tertunda dan diputar melalui Bandung menuju Jakarta atau sebaliknya ke Bandung kemudian menuju Kroya-Jogja.

 

Elvin Kristian, jurnalis warga (netizen journalist) dalam channel Sekitar Kita Vlog, mengatakan debit air sungai tersebut mulai naik sejak pukul 18.15 WIB usai hujan deras. Lalu sekitar pukul 21.30 WIB, jembatan itu terputus karena tak kuat menahan derasnya air sungai.

 

“Di sini ada dua jembatan kereta api. Yang putus sebelah barat. Atau jembatan lama,” kata Elvin Kristian.

 

“Yang jelas kereta api menuju Jakarta dan Surabaya tidak bisa melintasi jalur tersebut,” kata dia.

 

Elvin menuturkan, peristiwa itu baru kali terjadi sejak jalur kereta itu dibangun. “Ini sejarah. Baru kali ini jalur kereta ini putus setelah puluhan tahun dibangun,” katanya.

 

Jembatan Kali Glagah berada dekat dukuh Pecangakan Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. (Ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.