Infrastruktur dan Pemulihan Ekonomi Masih Jadi Prioritas di Th 2021

Tahun 2021, Infrastruktur dan Pemulihan Ekonomi Masih Jadi Prioritas – Bupati Banjarnegara

BANJARNEGARA, banyumasnews.com – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, pembangunan bidang infrastruktur dan pemulihan ekonomi masih menjadi prioritasnya di tahun 2021, disamping pemulihan ekonomi yang terpuruk imbas dari wabah Covid-19.

Hal ini dikatakan Budhi di hadapan beberapa kepala OPD di lingkungan pemkab di ruang kerjanya, Senin (4/1/2021), dalam rangka briefing awal tahun 2021.

Dijelaskan, sedikitnya ada dua jalur penting yang membutuhkan penanganan, yakni ruas Jalan Kalibening – Simego (Pekalongan) dan ruas Kayubima Petir yang menghubungkan dengan Kabupaten Kebumen.

“Jalan Kalibening – Simego yang berawal dari Desa Plorengan merupakan akses penting yang menghubungkan Banjarnegara dengan Kabupaten Pekalongan. Jalan sejauh lebih dari 5 kilometer itu kondisinya rusak parah. Sementara untuk Petir tahun kemarin sudah dikerjakan tinggal menuntaskan ruas yang belum dibangun,” kata Budhi.

Bupati menambahkan, jika seluruh jalan sudah dibangun sesuai target dan rencana, Pemkab segera mengusahakan penerangan jalan. Untuk hal ini Pemkab berencana menggunakan teknologi lampu tenaga surya.
“Untuk lampu tenaga surya sedang kita matangkan lagi rencana penggunaan lampu tenaga surya, semoga ini jadi sulusi teknologi yang efektif dan efisien,” imbuhnya.

Terkait postur APBD Kabupaten Banjarnegara yang masih menitikberatkan pembangunan infrastruktur, dirinya meminta para kepala OPD untuk mendukung karena merupakan hak dan aspirasi masyarakat yang terus disuarakan. Budhi mengajak para kepala OPD untuk optimis menapaki tahun baru 2021.

“Pembangunan jalan, penerangan, dan pemulihan ekonomi adalah hak rakyat. Ekonomi kita bangkitan lagi. Pasar-pasar tradisional kita dampingi dengan pengawasan kesehatan, UMKM kita kuatkan, petani dan pekerja kreatif juga diperhatikan, pariwisata kita genjot lagi. Tentunya dengan menyesuaikan protokol kesehatan yang berlaku,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Tengah melakukan evaluasi atas Rancangan APBD Kabupaten Banjarnegara. Untuk pendapatan daerah APBD 2021 totalnya Rp. 2.109.230.397.160,-, terdiri dari. Untuk belanja Modal : Rp. 364.512.422.190,-, termasuk di dalamnya anggaran untuk pembangunan infrastruktur sekitar Rp. 270 miliyar. (mjp).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.