Warga Kayubima Segera ‘Merdeka’, Jalan Desa Segera Mulus   

Warga Kayubima Segera ‘Merdeka’ karena Jalan Desa Segera Mulus

BANJARNEGARA, banyumasnews.com – Warga Dusun Kayubima Desa Petir Purwanegara sudah bisa lega, karena Jalan Petir – Kayubima segera bagus dan halus. Sebelumnya jalur ini rusak parah. Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, pada hari Senin (30/11/2020) meninjau jalur tersebut.

“Alhamdulillah, warga wis pada seneng dalane nek udan wis ora kaya kali banjir, matur suwun Pak Bupati (warga sudah gembira, kalau hujan sudah tidak seperti sungai banjir, terimakasih Pak Bupati-Red),” komentar warga bernama Galih.

“Terima kasih jalan yang ke Kayubima sudah bagus, tapi baru sampai Karang Tengah, Karang tengah sampai Dusun Jambu masih rusak, semoga bisa dibangun segera,” kata warga lain bernama Acil.

Adapun Ryan, warga yang lain turut bersyukur, jalan Kayubima yang semula terjal dan membahayakan, kini lebar dan halus.

“Alhamduillah jalan sudah mantap. Untuk pinggir jalan, kami, warga siap merawat agar kalau hujan airnya lancar dan mengarah, tidak mencari jalan sendiri sehingga membuat longsor dan banjir di ruas jalan yang membahayakan pengendara,” ucapnya.

Mananggapi suara langsung dari warga tersebut, Budhi Sarwono meminta untuk bersabar, karena pembangunan tersebut sudah dianggarkan untuk tahun depan.

“Untuk pembangunan jalan Petir-Kayubima dalam sepuluh hari ke depan bisa dilewati. Tapi mohon sabar, untuk jalan Kayubima dan sekitarnya di Desa Petir, Insyaallah akan tuntas tahun depan, maksimal sebelum masa jabatan saya berakhir, Petir, Kayubima, dan sekitarnya sudah halus mulus,” janjinya.

Bupati yang akrab disapa Wingchin itu menambahkan, untuk penanganan jalan kabupaten di ruas Pucungbedug – Petir – Krinjing juga sudah dialokasikan Rp. 4,25 miliar di tahun anggaran 2021.

Untuk itu ia mengucapkan terima kasih atas sinergi dan konsentrasi dari OPD untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur, dibantu DPRD, TNI, dan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Mari kita semua berdoa dan berikhtiar, semoga pandemi Covid-19 segera berakhir. Dan saya sungguh-sungguh ingin wargaku di Petir Kayubima, bisa merdeka, harus merdeka dan merasakan keadilan, kesejahteraan dan jalan bagus seperti masyarakat desa yang lain,” harap Bupati.
Pembangunan jalan tersebut dibiayai dengan APBD serta Bankeu khusus bidang infrastruktur Desa Petir Kecamatan Purwanegara, yang  ditetapkan dengan SK Bupati Banjarnegara Nomor 412.2/427/2020. Pagu anggaran sebesar Rp 1 miliar, untuk pekerjaan  jalan beton di Dusun Kayubima, sepanjang 664 meter dan talud pengamanan jalan di Dusun Krinjing sepanjang 337 meter.

Kepala Dispermades PPKB melalui Kabid Pengembangan kawasan dan tata ruang perdesaan Dispermades, Sagiyo, menambahkan, pembangunan infrastruktur jalan, terutama di wilayah terpencil dan perbatasan seperti di Desa Petir, Kayubima dan Krinjing, memiliki tujuan strategis sesuai visi Bupati yakni untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi serta mobilitas manusia dan barang.

“Diharapkan, semakin baik infrastrukturnya tumbuh pula simpul dan geliat ekonomi baru di wilayah-wilayah perdesaan dan perbatasan,” imbuhnya. (mjp/nan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.